Langganan SP 2

Cegah Narkoba, BNN Rekrut Kader Pelajar

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 192

Cegah Narkoba, BNN Rekrut Kader Pelajar
Anti Narkoba – Badan Narkotika Nasional (BNN) Singkawang bersama peserta rapat kerja foto bersama mengkampanyekan Stop Narkoba.
SINGKAWANG, SP - Badan Narkotika Nasional (BNN)  Singkawang menggelar Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba untuk menekan penggunaan dan peredaran narkoba di Singkawang, Senin (11/9).

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan (P2M) BNN Kota Singkawang, Herwandi Deka mengatakan, konsepsi pemberdayaan masyarakat anti narkoba yaitu sebagai upaya memobilisasi seluruh sumber daya untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat, dalam penanganan narkoba yang meliputi aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan.

"Guna menyelamatkan anak bangsa diperlukan keterlibatan komponen masyarakat dan LSM dengan cara sosialisasi, advokasi dan desiminasi informasi," katanya.

Pembentukan kader melibatkan pelajar dan mahasiswa yang bertujuan agar mereka bisa menyampaikan edukasi tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan atau sesama mereka.

Alasan direkrutnya para pelajar dan mahasiswa, terang Herwandi, lantaran kaum mahasiswa adalah kaum intelektual dan terdidik.

"Sehingga mereka diyakini mampu untuk menyampaikan pesan kita di lingkungan mereka," ungkapnya.

Pembentukan kader tidak hanya sekedar seremonial belaka, namun akan terus dipantau kinerja mereka di lingkungan dalam mencegah penggunaan narkoba.

Selain pembentukan kader, BNN juga akan membentuk jejaring informasi dan membentuk grup di aplikasi pesan Whatsapp untuk tim inti dari para pendamping yang jumlahnya mencapai lebih dari 30 orang.

"Sehingga apa yang kita harapkan Generasi Emas Tanpa Narkoba betul-betul bisa tercapai, khususnya di Kota Singkawang," pungkasnya.

Sementara terpisah, Kapolres Singkawang AKBP Sandi Alfadien Mustofa telah memerintahkan anggotanya rutin melaksanakan imbauan bahaya narkotika kepada warga.

"Generasi muda merupakan penerus bangsa yang nantinya akan meneruskan cita-cita bangsa, jadi tugas kita bersama untuk menjaga generasi muda agar bersih dari penyalahgunaan narkoba," kata Sandi.

Dengan imbauan dan sosialisasi yang senantiasa diberikan, diharapkan dapat membuka hati dan pikiran para muda mudi agar tidak mudah terpengaruh terhadap ajakan-ajakan untuk masuk kedalam lingkaran penyalahgunaan narkoba.

"Saya berharap dengan imbauan-imbauan yang telah kita sampaikan pada para pemuda dapat membuka hati dan pikiran mereka agar tidak mudah terpengaruh bujuk rayu para pengedar narkoba," ujarnya. (rud/jee)