Gaji Anggota DPRD Naik Lima Kali Lipat

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 918

Gaji Anggota DPRD Naik Lima Kali Lipat
Ilustrasi
SINGKAWANG, SP - Gaji pimpinan dan anggota DPRD Singkawang naik setelah Pemerintah Kota Singkawang menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menjadi Peraturan Wali Kota (Perwako).

Kepala Badan Keuangan Daerah Singkawang, Muslimin mengatakan, kenaikan gaji dan tunjangan pimpinan dan anggota DPRD Singkawang diperkirakan mencapai lima kali lipat.
 
"Menurut informasi dari Kemendagri, Singkawang saat ini masuk kategori sedang (menengah), berarti kenaikan itu bisa lima kali lipat dari uang representasi mereka,"  kata Muslimin, Minggu (10/9).

Kategori keuangan menengah yang dimaksud Muslim, mengacu pada keuangan kemampuan keuangan Pemkot Singkawang, untuk merepresentasikan hitungan keuangan tunjangan dan gaji, sesuai dengan amanat PP Nomor 18 Tahun 2017. “Kalau berdasarkan PP yang lama, kemampuan keuangan daerah antara Rp200 miliar-Rp400 miliar masuk kategori sedang. Sementara Rp400 miliar ke atas masuk kategori tinggi," ungkapnya.

Jika berdasarkan peraturan pemerintah yang lama, kata Muslimin, keuangan daerah Singkawang masuk kategori tinggi. Namun berdasarkan peraturan yang baru, Singkawang masuk kategori sedang (menengah).

"Jika sudah ditetapkan menjadi PP, maka seluruh gaji pimpinan dan anggota DPRD Singkawang naik,” Muslimin.

Sementara Ketua DPRD Singkawang, Sujianto mengatakan mengaku belum mengetahui kenaikan gaji dan tunjangan yang nanti akan didapat oleh pimpinan dan anggota DPRD Singkawang pasca ketuk palu pengesahan PP Nomor 18 tahun 2017 menjadi Perwako Singkawang.
"Itukan ada aturannya, kalau Singkawang masuk kategori sedang atau apa, ada aturannya di situ, jadi tidak boleh sembarangan," kilahnya. (rud/jee)

Komentar