SMK Muditya Gelar Pemilihan Osis Dengan Sistem Pemilu

Singkawang

Editor Tajil Atifin Dibaca : 406

SMK Muditya Gelar Pemilihan Osis Dengan Sistem Pemilu
Pelatihan - Ketua KPU Singkawang, Ramdan saat memberikan Bimtek kepada siswa-siswi SMK Mudita Singkawang.
SINGKAWANG, SP – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mudita Singkawang akan menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tahun ajaran 2017-2018 dengan sistem pemilihan umum (Pemilu). Proses pemilihan akan dimulai Jumat (15/9) mulai pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB.  

Kepala SMK Mudita Singkawang, Liaw Sun Jin mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Singkawang dalam pemberian pelatihan-pelatihan sebelum digelarnya pemilihan.
Tujuan melakukan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan sistem pemilu, menurut Liaw pertama untuk mengajarkan siswa bagaimana menjadi seorang warga negara Indonesia yang baik dalam mengeluarkan pendapat baik secara lisan maupun tertulis.

Kedua, mengajarkan siswa untuk berdemokrasi yang baik dan benar.
  "Dan ketiga, mengajarkan siswa cara berorganisasi yang benar," ujarnya, Selasa (12/9).
Dengan dilakukannya pemilihan dengan sistem Pemilu, diharapkan dapat melahirkan ketua dan wakil ketua OSIS yang baik, berkualitas, langsung, dan jujur.

Pembina OSIS SMK Mudita Singkawang, Firdaus mengatakan, secara keseluruhan ada 16 tahapan dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS tersebut. Setiap tahapan proses pemilihan mengacu kepada SOP KPU Singkawang.

"Artinya, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini, sama persis dengan Pemilu Kepala Daerah yang diselenggarakan KPU Singkawang," ujarnya.
 
Ketua KPU Singkawang, Ramdan sangat mengapresiasi SMK Mudita yang akan melaksanakan pemilihan Ketua OSIS dengan sistem Pemilu.

"Semoga apa yang dilakukan SMK Mudita ini bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya," kata Ramdan.

Pihaknya siap membuka diri untuk bisa diajak kerjasama dalam memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada petugas KPPS yang ditunjuk panitia pemilihan OSIS di SMK Mudita.
 
Di samping itu, apa yang dilakukan SMK Mudita Singkawang dilanjutkan Ramdan juga menunjukkan implementasi pendidikan demokrasi Pancasila melalui pelajaran Pemilu. (rud/jee)

Komentar