Langganan SP 2

Dewan Minta Program Kotaku Menyeluruh

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 203

Dewan Minta Program Kotaku Menyeluruh
Penyusunan memorandum - Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Singkawang saat kegiatan penyusunan memorandum program dan Coaching Clinic mengenai Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP) di Aula Hotel Dangau R
SINGKAWANG, SP - Anggota DPRD Singkawang, Anewan meminta penyusunan Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP) Kota Singawang disusun oleh Kelompok Kerja Teknis (Pokjanis) yang berisikan rumusan strategi, kebutuhan program dan investasi untuk mewujudkan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

"Dalam mewujudkan permukiman yang bebas kumuh, dokumen rencana aksi tersebut mencakup pula rencana pengembangan lingkungan hunian yang layak, dan terjangkau bagi penduduk di perkotaan hingga tercapai target nol persen kumuh," kata Anewan, Selasa (19/9).

Sifatnya harus menyeluruh, tidak hanya berupa rencana kegiatan penanganan yang bersifat fisik, namun mencakup kegiatan bersifat non-fisik seperti peningkatan kapasitas, pemberdayaan, sosial dan ekonomi masyarakat.

"Sebaiknya dinas terkait harus segera membuat strategi, program, dan rencana aksi kegiatan sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan dalam Permen PUPR Nomor 2 Tahun 2016 tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh," ujarnya.

Jadi menurutn dia, fokus tidak hanya terpusat di empat kelurahan yang masuk sebagai kawasan kumuh. Tapi juga di beberapa kelurahan, yang letaknya di pinggiran kota seperti Sanggau Kulor.

"Banyak bangunan rumah secara fisik tidak layak huni. Belum lagi kita bicara soal ekonomi masyarakatnya," ujarnya.

Dalam hal ini pula dia meminta kepada masyarakat untuk dapat memperhatikan lingkungannya agar tidak terkesan kumuh.

"Mulailah dengan hal-hal yang kecil misalnya membuang sampah pada tempatnya," ajaknya.

Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Singkawang telah melakukan penyusunan memorandum program dan Coaching Clinic mengenai rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan (RP2KPKP) Nasional Slum Upgrading Program (NSUP) - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Senin kemarin.

Dalam kegiatan hari itu juga dipaparkan kawasan permukiman kumuh yang sudahn berdasarkan surat keputusan Wali Kota Singkawang tahun 2016 yaitu, Kelurahan Sedau, Kuala, Pasiran dan Roban. (rud/jee)