Satlantas Polres Singkawang Gelar Penling di Pusat Pasar

Singkawang

Editor Tajil Atifin Dibaca : 559

Satlantas Polres Singkawang Gelar Penling di Pusat Pasar
PENERANGAN KELILING – Unit Dikyasa Satlantas Polres Singkawang saat melaksanakan Penerangan Keliling (Penling) di pusat pasar, tepatnya di Pasar Turi dan Beringin, Jumat (22/9). Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di jalan.
SINGKAWANG, SP – Unit Pendidikan Masyarakat dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu lintas Polres Singkawang melaksanakan Penerangan Keliling (Penling) di pusat pasar Turi dan Beringin, Jumat (22/9).

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan berlalu lintas dan menekan kejadian kecelakaan lalu lintas," kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Singkawang, Ipda Jamian.

Pada kesempatan tersebut Jamian bersama anggota juga memberikan imbauan kepada para pedagang dan pembeli agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak mengganggu aktifitas pengguna jalan lainnya.

"Seperti yang kita ketahui, lokasi Pasar Turi dan Beringin ini cukup padat dan mempunyai tingkat kerawanan yang cukup tinggi," ujarnya.

Dengan kondisi lalu lintas yang padat, Jamian mengharapkan agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati. Serta dapat meningkatkan peran serta masyarakat Kota Singkawang dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas," pesannya.

Kemudian, dalam rangka menekan angka kecelakaan di Kota Singkawang pihaknya juga rutin melaksanakan pemeriksaan kendaraan bermotor.

"Kegiatan ini kita libatkan tim gabungan dari POM TNI dan Dishub Kota Singkawang," terangnya.

Kegiatan razia yang dilaksanakan ini juga sebagai upaya pihaknya untuk meningkatkan kedisiplinan pengguna jalan akan aturan berlalu lintas. Terutama untuk pelanggaran yang dari jauh sudah terlihat oleh pengguna kendaraan bermotor.

"Pelanggaran yang terlihat seperti tidak menggunakan helm SNI, sepeda motor tidak dilengkapi kaca spion, TNKB yang tidak terpasang," jelasnya.

Secara tidak langsung kegiatan ini menurutnya juga bertujuan untuk mengingatkan agar selalu peraturan lalu lintas.

"Jikalau pelanggaran lalu lintas dibiarkan maka akan terjadi kesemerawutan dan bila hal itu dibiarkan tanpa adanya perhatian bersama maka akan terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan," tuturnya. (rud)