CCTV Lalu Lintas Diterapkan Tahun 2018

Singkawang

Editor Tajil Atifin Dibaca : 214

CCTV Lalu Lintas Diterapkan Tahun 2018
Pemantauan – Petugas tengah memantau kondisi jalan melalui monitor yang terhubung dengan CCTV lalu lintas. Pantauan lewat CCTV lalu lintas juga akan dilakukan di Kota Singkawang guna memberikan rasa aman kepada masyarakat. antara
SINGKAWANG, SP – Polres Singkawang akan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Singkawang untuk pemasangan Closed Cirkuit Televison (CCTV) lalu lintas guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.   Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Hidayat menjelaskan, kerja sama pengawasan terpadu tersebut telah ia bicarakan kepada Wali Kota Singkawang terpilih, Tjhai Chui Mie. Program ini rencananya akan direalisasikan di tahun 2018.   "Kita akan melakukan monitoring atau pengamanan kota smart city terpadu antara Pemkot dengan Polres Singkawang," kata Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat, Senin (2/10).

Saat ini dikatakan Yuri, Polres Singkawang telah memiliki Singkawang Command Center (SCC) yang berfungsi melakukan pengawasan melalui CCTV yang dipasang di beberapa titik Kota Singkawang. Jika pengawasan terpadu jadi dilakukan, maka CCTV di SCC akan dikoneksikan dengan CCTV yang ada di lampu lalu lintas.
  "Artinya CCTV yang sudah terpasang di Polres akan kita koneksikan dengan CCTV yang dipasang oleh Pemkot Singkawang," ujarnya.

Sementara terpisah, Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Priyanto berharap, pemasangan CCTV lalu lintas bisa segera direalisasikan.

"Kami dari Forum Lalu Lintas sudah beberapa kali melaksanakan rapat untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas khususnya di Kota Singkawang," kata Priyanto.

Yang mana Kamseltibcarlantas itu diwujudkan dengan pemasangan CCTV-CCTV di setiap persimpangan lampu merah di Kota Singkawang.

"Saya harap di tahun 2018 akan kita wujudkan program ini dan mudah-mudahan bisa didukung oleh Wali Kota Singkawang yang baru," ujarnya.

Sambil menunggu program itu berjalan, pihaknya saat ini melakukan sosialisasi di masyarakat Singkawang mengenai rencana tersebut.
 
"Sudah ada pemahaman-pemahaman yang kita lakukan bertahap, sampai masyarakat benar-benar paham dan mengerti," ungkapnya.

Menurutnya, jika program ini bisa dilakukan tindakan tilang terhadap pengemudi kendaraan yang melanggar aturan bisa dilakukan melalui CCTV meskipun tanpa ada polisi di lapangan.

"Makanya kita sering melakukan strong point di persimpangan-persimpangan supaya masyarakat paham untuk mengurangi sekecil mungkin pelanggaran," tuturnya.

Wali Kota Singkawang terpilih, Tjhai Chui Mie sangat mendukung pemasangan CCTV lalu lintas tersebut.

"Karena akan meningkatkan keamanan di Kota Singkawang," kata Tjhai Chui Mie singkat. (rud/jee)