Polres Ungkap 26 Kasus Narkoba

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 430

Polres Ungkap 26 Kasus Narkoba
Tersangka Narkoba – Sejumlah tersangka kasus narkoba dan barang bukti hasil pengungkapan Polda Metro Jaya. Di Singkawang, hingga 16 Oktober 2017 Satuan Narkoba Polres Singkawang mengungkap 26 kasus narkoba.
SINGKAWANG, SP – Jumlah kasus narkotika yang diungkap Polres Singkawang hingga 16 Oktober 2017 sebanyak 26 kasus, dari jumlah pengungkapan tersebut, narkotika jenis sabu yang paling mendominasi. “90 persen narkoba jenis sabu, dan sisanya ekstasi,” kata Kasat Narkoba Polres Singkawang, Iptu Iwan Gunawan, Selasa (17/10).

Jumlah barang bukti narkoba yang diamankan dikatakan Iwan, untuk narkoba jenis sabu seberat 118.57 gram, sedangkan ekstasi sebanyak 22 butir. Sedangkan tersangka yang ditangkap, dilanjutkannya berjumlah 37 orang yang umumnya dari latar belakang sebagai pekerja swasta, namun dua orang di antaranya merupakan anak di bawah umur.

"Rata-rata banyak yang putus sekolah, tidak tamat sekolah dasar," ujarnya.

Sementara untuk penanganan kasus yang sudah masuk tahap dua, atau berkas penyidikan telah dinyatakan lengkap sebanyak 20 kasus dengan 30 tersangka.

"Yang masih dalam proses sidik ada enam kasus dengan enam tersangka. Untuk satu tersangka lagi, kita masih menunggu hasil dari BPOM," terangnya.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Singkawang, Anggiat AP Pardede mengatakan, jumlah perkara tindak pidana narkotika yang ditangani oleh pihaknya dari Polda Kalbar sebanyak enam perkara yang sudah tahap dua.

"Dari jumlah perkara itu, yang sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Singkawang ada tiga perkara," katanya.

Kemudian kasus dari Polres Singkawang yang sudah mendapat Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyelidikan (SPDP) ada 36 perkara untuk yang sudah masuk tahap dua 33 perkara.
"Yang sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Singkawang 23 perkara," ujarnya.

Sementara jumlah eksekusinya ada sebanyak 23 perkara. Sedangkan dari BNN Kota Singkawang, jumlah SPDP baru satu perkara. (rud/jee)