Perhakin Singkawang Gelar Donor Darah

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 385

Perhakin Singkawang Gelar Donor Darah
Donor Darah - Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat ikut mendonorkan darah dalam kegiatan donor darah yang digelar Perhakin Singkawang di Sekretariat Perhakin Singkawang dalam rangka memperingati Kesaktian Pancasila, Minggu (22/10).
SINGKAWANG, SP - Perkumpulan Hakka Indonesia (Perhakin) Singkawang menggelar bakti sosial (Baksos) donor darah dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila di Sekretariat Pehakin, di Jalan Pangeran Diponegoro, Minggu (22/10).

Selain diikuti masyarakat umum, anggota TNI, Polri dan karyawan Bank Kalbar ikut ambil bagian mendonorkan darah mereka.
"Kita sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat, terutama TNI, Polri dan Bank Kalbar yang ikut serta dalam kegiatan donor darah ini," kata Wakil Ketua Perhakin Singkawang, Ng Hian Ku.

Setetes darah sangat berarti untuk menolong sesama. Sementara ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Singkawang selalu berkurang karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan darah.

"Itulah yang menjadi alasan kita untuk menggelar aksi donor darah ini dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua," jelas Ng Hian Ku.

Ke depan nanti, dilanjutkan Ng, Perhakin juga akan melakukan kegiatan sosial lain dengan melibatkan semua unsur masyarakat.

"Tentu kegiatan itu dimulai dari hal-hal yang sederhana dan mampu kita lakukan serta tidak menguras banyak tenaga dan biaya," ungkapnya.

Dalam donor darah kali ini, panitia pelaksana menargetkan mengumpulkan sebanyak 150 kantong darah untuk nantinya disumbangkan ke PMI Singkawang.
"Kita optimis bisa memenuhi target, dan semoga apa yang kita lakukan pada hari ini dapat membantu saudara-saudara kita yang memang membutuhkan darah," tuturnya.

Menurutnya pula, kebiasaan mendonorkan darah dapat berguna untuk pemeliharaan fungsi jantung, sebab jumlah darah yang terlalu banyak dapat membebani jantung.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perhakin Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, bakti sosial donor darah merupakan agenda rutin Perkumpulan Hakka se-nusantara dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila.

"Atas nama Perkumpulan Hakka Singkawang mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para pendonor, khususnya kepada Bapak Kapolres dan anggota serta Bapak Dandim dan seluruh anggotanya serta Bank Kalbar atas partisipasinya," katanya. (rud/pk/jee)