Suplai Listrik Singbebas Surplus 100 Megawatt

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 331

Suplai Listrik Singbebas Surplus 100 Megawatt
Perbaikan – Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik. Suplai listrik di wilayah Singbebas dari sistem khatulistiwa surplus 100 megawatt
SINGKAWANG, SP – Daya listrik untuk wilayah Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Sambas (Singbebas) surplus 100 megawatt. Menurut manager PLN Area Singkawang, Sumarsono, daya listrik ini disuplai dari sistem Khatulistiwa  

"Karena daya mampu suplai yang ada di sistem Katulistiwa sebesar 400 MW dengan beban puncak sebesar 300 MW, berarti masih ada 100 MW," ujarnya, Kamis (26/10). Adanya surplus daya listrik ini dikatakan Sumarsono tentunya membuka peluang bagi masyarakat yang akan melakukan pemasangan listrik baru.

PLN juga memberikan stimulus dengan memberikan diskon 28 persen untuk pemasangan listrik baru. Meski kondisi kelistrikan sudah terbilang aman, namun PLN selalu masih akan membangun sistem kelistrikan untuk kemandirian energi listrik, seperti yang pembangunan PLTU Tanjung Gundul dengan kapasitas listrik sebesar 2X50 MW.

Menurutnya, target penyelesaian PLTU Tanjung Gundul diperkirakan rampung pada tahun 2018. Apabila PLTU ini sudah resmi beroperasi, maka dipastikan akan bertambah surplusnya sebesar 100 MW.

"Kalau itu sudah beroperasi berarti akan surplus 200 MW ditambah 140 MW dari Sesco Malaysia," terangnya.

Dirinya menargetkan pada tahun 2020 Kalbar bisa mandiri sehingga tidak perlu lagi membeli listrik dari Malaysia. (rud/jee)

Komentar