Sinka Zoo Bantah Telantarkan Anak Orangutan

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 167

Sinka Zoo Bantah Telantarkan Anak Orangutan
Mangais Sampah: Screenshot postingan akun Facebook Abbhitta Josh Pale yang memperlihatkan anak orangutan sedang berada di samping tempat sampah
SINGKAWANG, SP – Postingan akun Facebook Abbhitta Josh Pale yang menampilkan foto anak orangutan yang terlihat berada di samping tempat sampah, di kebun binatang Sinka Zoo Singkawang, Pantai Tanjung Bajau, Singkawang Selatan menuai banyak komentar warganet.  

Dalam keterangan foto yang diposting akun tersebut menduga adanya tindakan penelantaran yang dilakukan pengelola kebun binatang terhadap hewan yang dilindung itu, sehingga harus mengais tempat sampah untuk mencari makan.  

Warganet yang memberikan komentar terhadap postingan tersebut, umumnya mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap perawatan anak orangutan oleh pihak pengelola Sinka Zoo Singkawang.  

Menanggapi kejadian ini, Kepala Seksi Balai Konservasi Wilayah III Singkawang, Dani Arief Wahyudi mengatakan, tidak benar jika dikatakan anak orangutan yang diposting sedang mengais tempat sampah untuk mencari makan.

  "Mungkin anak orangutan itu saat bermain di dekat bak sampah, kemudian di foto dan dikira mencari makan di bak sampah," katanya, Kamis (23/11).  

Dani menjelaskan, anak orangutan yang diposting oleh akun Facebook Abbhitta Josh Pale, merupakan titipan dari masyarakat yang diberikan pada 7 November 2017 kemarin.

"Mungkin dikarenakan tidak mampu memeliharanya, kemudian diserahkan ke Sinka Zoo Singkawang," ujarnya.

Menurut dia, kondisi saat diserahkan warga, kondisi kesehatan anak orangutan tersebut dalam keadaan sakit dan mengalami stres. Sebenarnya, dokter menyarankan agar anak orangutan itu ditangani lembaga khusus karena merupakan satwa liar.


 Jika nanti kondisi kesehatan anak orangutan sudah  membaik, maka dilanjutkan Dani langkah selanjutnya adalah melapasliarkan ke habitat alami.
  “Kita pulihkan dulu setelah itu baru kita lepasliarkan ke habitatnya,” pungkasnya. (rud/jee)