37 Tahun ‘Gelap’ SDN 67 Mantoman Segera ‘Terang’

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 90

37 Tahun ‘Gelap’ SDN 67 Mantoman Segera ‘Terang’
Gunakan Lilin – Pelajar terpaksa menggunakan penerangan dari lilin saat aktivitas belajar karena jaringan listrik terganggu. Di Singkawang, SDN 67 Mantoman yang sejak puluhan tahun belum teraliri listrik, dalam waktu akan menikmati aliran listrik PLN
SINGKAWANG, SP – Sekolah Dasar Negeri 67 Mantoman di Kecamatan Singkawang Timur tak lama lagi akan dialiri listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kepastian ini disampaikan Kepala Sekolah SDN 67, Suhairi setelah melakukan pertemuan dengan PLN Cabang Singkawang dan Pemkot Singkawang pada 9 November lalu.

"Yang selama ini kami harapkan akhirnya terwujud, sekolah kami akan segera dialiri listrik,” kata Suhairi, Jumat (24/11). Sejak dibangun 37 tahun lalu, SDN Mantoman hingga saat ini belum teraliri listrik. Berbagai upaya telah dilakukan agar sekolah bisa menikmati listrik negara, namun baru menemui titik terang diakhir tahun 2017.

 Hadirnya jaringan listrik diyakini Suhairi akan memperlancar kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam pertemuan hari itu, selain membahas jaringan listrik, beberapa persoalan lain juga disampaikan, antaralain terkait kondisi bangunan sekolah yang banyak kerusakan, akses jalan yang rusak dan sertifikasi aset daerah. Selain SDN 67 Mantoman, masih terdapat satu SD yang masih belum mendapat pasokan listrik PLN, yaitu SDN 74 Gambir

"Saya berharap di sana (SD 74 Gambi)r juga bisa menjadi prioritas PLN untuk memberikan jaringan listrik," harap Suhairi.

Sementara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, HM Nadjib membenarkan jika sudah ada belasan tiang listrik yang terpasang di daerah Mantoman.

"Sudah ada belasan tiang yang dipasang PLN. Mengingat jarak antara jalan besar dengan sekolah memang cukup jauh sehingga memerlukan tiang listrik yang banyak," katanya.

Atas kondisi itu, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot dan PLN Singkawang.

"Kita berterima kasih banyak karena ini juga berkat dukungan dari Pak Sekda," ujarnya.

Nadjib juga berharap, SDN 74 Gambir yang ada di Singkawang Timur dapat segera dialiri listrik PLN. "Harapan saya ke depan, semoga PLN juga bisa memberikan listrik kepada SDN 74 Gambir tersebut," harapnya. (rud/jee)