Singkawang Kota Toleransi Keempat se-Indonesia

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 149

Singkawang Kota Toleransi Keempat se-Indonesia
Ilustrasi. Net
SINGKAWANG, SP – Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Singkawang, Burhanudin bersukur atas penempatan Singkawang sebagai kota keempat yang memiliki toleransi terbaik di Indonesia.

"Tentunya kita bangga dengan hasil survei yang dilakukan oleh UKP-PIP (Unit Kerja Presiden Pembantu Presiden) yang menempatkan Singkawang di urutan ketiga sebagai daerah yang bertoleransi,” katanya, Kamis (23/11).

Beberapa kota yang masuk dalam lima besar sebagai kota yang memiliki toleransi terbaik dengan skor nilai yang sama di antaranya, Kota Manado skor 5,90, Kota Pematang Siantar dengan skor 5,90, Kota Salatiga dengan skor 5,90, Kota Singkawang dengan skor 5,90 dan Kota Tual dengan skor 5,90.

Kemudian kota-kota dengan skor 5,80 yaitu Kota Binjai, Kotamobagu, Kota Palu, dan Tebing Tinggi sedangkan kota dengan skor 5,70 yaitu kota Surakarta.
Penilaian 2017 bukan hanya dilakukan stakeholder indenpenden Setara Institute semata, namun melibatkan Lembaga Kepresidenan yaitu Unit Kerja Pembantu Presiden.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan, masyarakat Singkawang patut bersyukur, dan tentunya ini merupakan penghargaan atas semua pihak dan masyarakat Singkawang yang telah meletakkan pondasi dan memberikan pupuk kesuburan sehingga berbuah keindahan yang dapat dipetik sekarang ini.

"Keindahan ini harus terus tertanam dan kita rawat sebaik mungkin, sehingga semerbaknya akan menyebar ke mana-mana. Ini menandakan masyarakat Singkawang sudah sangat dewasa dalam menyikapi hakekat berbangsa dan bernegara, dengan landasan ideologi Pancasila, yang sangat menghargai dan mencintai kemajemukan," katanya.

Dari skor yang didapatkan Singkawang, kata politisi dari partai Nasdem ini, menilai sudah cukup bagus, karena setara dengan Kota Manado, Pematang Siantar dan Salatiga.

Walaupun dari urutan agak turun 1 tingkat, dia yakin semua warga Singkawang sangat gembira dan bahagia dengan stempel kehormatan yang diberikan kepada Singkawang.

"Saya mengajak kepada semua stakeholder, pemerintah dalam arti luas, marilah kita terus sikapi dengan baik dan kita kembangkan lebih baik lagi, bahwa yang namanya toleransi bukan hanya milik beberapa kota, tetapi kepunyaan seluruh masyarakat Indonesia," ajaknya. (rud/jee)