Chui Mie Siapkan Program Tangani HIV/AIDS

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 234

Chui Mie Siapkan Program Tangani HIV/AIDS
Pita Merah – Pita merah menjadi lambang atau simbol pergerakan melawan virus HIV/AIDS
SINGKAWANG, SP – Wali Kota Singkawang Terpilih, Tjhia Chui Mie telah mempersiapkan program untuk mengatasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Singkawang. Program pertama dijelaskan Chui Mie adalah, meningkatkan imbauan ke masyarakat, kedua meningkatkan program penyuluhan, dan ketiga meningkatkan kerja sama stakeholder di Singkawang agar ikut berperan mengatasi HIV/AIDS.

“Tiga program ini nanti akan segera kita jalankan agar HIV/AIDS di Singkawang bisa diatasi,” katanya, Minggu (26/11). Berdasarkan data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Singkawang, tercatat 1.005 orang yang positif HIV di Singkawang. Menurutnya, hal itu merupakan angka yang sangat mengkhawatirkan.

Pemerintah melalui dinas terkait serta penyuluh dari KPA harus lebih gencar lagi melakukan sosialisasi mengenai bahaya dan penyebab terjangkitnya penyakit mematikan tersebut, agar masyarakat bisa tahu untuk mengantisipasinya supaya tidak tertular.

 "Penduduk Singkawang hanya 200 ribu lebih, sementara yang mengidap penyakit HIV/AIDS sebanyak 1.005 orang," ujarnya.

Sementara untuk memperingati Hari AIDS Sedunia, organisasi pemuda, Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang (IKBS) akan turun ke jalan melakukan aksi sosial ke masyarakat. Aksi sosial dalam memperingati Hari AIDS Sedunia ini, katanya, merupakan kali ke-3 sejak berdirinya IKBS pada 1 Agustus 2015 silam. 

"Upaya yang direncanakan kali ini adalah membantu anak-anak yatim-piatu dan duafa untuk melaksanakan khitanan yang nanti akan diselingi dengan aksi sosial lainnya seperti donor darah dan tes HIV/AIDS," ujar Ketua IKBS, Ahmad Maulana.
 
Meski IKBS merupakan sebuah komunitas baru yang bergerak di bidang sosial, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama para generasi muda untuk bersama-sama memerangi virus yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

"Menjaga diri sendiri merupakan langkah awal dalam mencapai Getting to Zero (Zero Now HIV Infection, Zero Death From AIDS-Related Illnesses, Zero Discrimination) dengan cara berperilaku sehat menghindari seks bebas, penggunaan narkoba dengan jarum suntik secara bergantian, bahkan dengan cara memberikan ASI kepada anak yang sudah secara positif ibunya terkena virus HIV juga merupakan salah satu cara virus ini menular," jelasnya. (rud/jee)


Komentar