Balai Konservasi Gagalkan Penjualan Anak Kukang

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 264

Balai Konservasi Gagalkan Penjualan Anak Kukang
DIAMANKAN - Seekor anak Kukang yang diamankan Seksi Balai Konservasi Wilayah III Singkawang. Kukang ini rencananya akan dijual melalui media sosial Facebook. (Ist)
SINGKAWANG, SP - Seksi Balai Konservasi Wilayah III Singkawang mengamankan seekor anak Kukang (Nycticebus)  dari salah satu warga dari Kabupaten Sambas, Minggu (26/11) siang.

"Pemiliknya bernama Herwansyah, warga Dusun Kayar Hilir, Desa Teluk Kasih, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas," kata Kepala Seksi Balai Konservasi Wilayah III Singkawang, Dani Arief Wahyudi, Senin (27/11).

Menurut dia, diamankannya anak Kukang tersebut berasal pengakuan dari salah seorang warga bernama Hardin yang mengatakan Kukang tersebut akan diperjualbelikan kepada warga melalui media sosial Facebook di Grup Sambas Informasi.

"Informasi itu diketahui oleh Saudara Hardi dan memberitahukannya kepada rekan kita yang ada di Kota Pontianak," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, informasi tersebut diteruskan ke Seksi Balai Konservasi Wilayah III Singkawang untuk ditindaklanjuti. Untuk sekarang ini, anak Kukang yang diamankan di Kantor Seksi Balai Konservasi Wilayah III Singkawang.

"Sementara ini akan kita Karantina dulu sambil memantau kesehatannya. Jika sudah sehat dan lapangannya sudah siap, tentu akan kita lepasliarkan sesuai dengan habitatnya," tuturnya.

Diakuinya, bahwa pemahaman masyarakat terkait boleh tidaknya hewan lindung untuk dipelihara masih sangat minim. Untuk itu, ke depan pihaknya akan menggencarkan penyuluhan ke masyarakat.

Di samping itu, pihaknya juga akan memajang galeri foto hewan lindung di Kantor untuk diperkenalkan kepada para pelajar dan masyarakat umum.

"Supaya mereka paham, bahwa hewan lindung itu tidak boleh dipelihara apalagi diperjulabelikan," katanya. (rud/jee)