Umat Islam Diajak Teladani Nabi Muhammad SAW

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 323

Umat Islam Diajak Teladani Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi. Net
SINGKAWANG, SP – Kepala Seksi Binas Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Singkawang, Muchlis mengajak seluruh umat Islam Singkawang menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan.

"Nabi Muhammad SAW adalah teladan bagi umat Islam dan rahmat kepada seluruh alam semesta," kata Muchlis, Minggu (3/12).

Muchlis mengatakan, diutusnya Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. 

Nabi Muhammad SAW sejak kecil sudah diberi gelar Al Amin oleh orang-orang Quraish karena kejujurannya. Jujur/benar (Shiddiq) adalah sifat kenabian yang ada pada Rasulullah SAW ini," ujarnya.

Maka itu, sudah selayaknya sebagai umat Islam memiliki kejujuran. Di Indonesia tidak kekurangan orang-orang pintar. Namun, diperlukan sekarang adalah orang-orang pintar yang jujur, sehingga Nabi Muhammad SAW yang lahir di bulan Rabiul Awal diteladani kejujuran dan kebenarannya.

Dalam konteks kehidupan keluarga, katanya, maka setiap keluarga hendaknya meniru bagaimana Muhammad SAW mengelola keluarganya.

"Nabi Muhammad SAW mengatakan rumahku adalah surgaku, karena kehidupan rumah tangganya yang harmonis. Dia memberlakukan kepada istri dan anaknya. Mari kita menjadi contoh kebanggaan keluarga kita. Baik bersikap maupun ucapan kita," ajaknya.

Begitulah dengan kehidupan bernegara diharapkan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW 1439 H dapat dijadikan contoh dan teladan.

"Mari kita dalam bernegara mencontoh kehidupan Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan bagi umatnya," katanya. (rud/jee)