Pemkot Kelola Limbah Medis Rumah Sakit

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 208

Pemkot Kelola Limbah Medis Rumah Sakit
PENANDATANGANANenandatanganan - Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat dan Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Carlos Dja'afara mendatangani perjanjian kerja sama pengolahan limbah padat sekaligus rujukan laboratorium disaksikan Wali Kota dan Wakil Wa

Tandatangani MoU dengan Klinik Bhayangkara 


Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Carlos Dja’afara 
"Limbah medis inikan tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3), jadi ketiganya ini akan diolah dan dipisahkan dulu untuk dimasukkan ke proses pembakaran di Incinerator"

SINGKAWANG, SP – Upaya pengelolaan limbah medis yang dihasilkan rumah sakit terus dilakukan dilakukan Pemkot Singkawang melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz Singkawang.

Langkah terbaru yang dilakukan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Klinik Bhayangkara yang juga merupakan klinik rujukan laboratorium yang dikelola Polres Singkawang, Selasa (2/1).

Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Carlos Dja’afara mengatakan melalui  kerja sama ini limbah medis di Klinik Bhayangkara akan dimusnahkan di rumah sakit plat merah tersebut.

"Limbah medis inikan tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3), jadi ketiganya ini akan diolah dan dipisahkan dulu untuk dimasukkan ke proses pembakaran di Incinerator," ujar Carlos.

Penadatanganan kerja sama hari itu disaksikan langsung oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Wakil Wali Kota Singkawang Irwan.

Selain penanganan limbah medis, RSUD Abdul Aziz dan Klinik Byangkara juga menjalin kerja sama membantu menampung pasien dari RSUD Abdul Aziz Singkawang, jika jumlahnya membludak.

RSUD Abdul Aziz nantinya juga akan menempatkan tenaga medis di Klinik Bhayangkara yang fungsinya untuk menangani pasien rawat jalan dan inap.

Selain kerja sama dengan Klinik Bhayangkara, dilanjutkan Carlos, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan PT Jasa Raharja untuk meningkatkan pelayanan medis pasien kecelakaan lalu lintas.

"Sehingga target di tahun 2019 untuk menjalin kerja sama dengan pihak swasta maupun pemerintah akan tercapai," jelasnya

Sementara di tempat yang sama, Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat mengatakan saat ini peralatan di Klinik Bhayangkara cukup lengkap sehingga dapat dimanfaatkan untuk pelayanan medis ke masyarakat.

"Pemkot Singkawang, terutama Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang sangat mendukung kerja sama ini, dan beliau juga sudah sering mengunjungi klinik kami dan siap membantu untuk akreditasi klinik," ujarnya.

Dotambahkan Yuri, saat ini Klinik Bhayangkara juga melayani pasien BPJS Kesehatan.

"Untuk pasien yang menggunakan kartu BPJS bisa dilayani di Klinik Bhayangkara," Jelasnya.

Mempererat Komunikasi


Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berharap melalui kerja sama antara RSUD Abdul Aziz Singkawang dengan Klinik Bhayangkara akan semakin mempererat komunikasi kedua belah pihak.

Dia juga berharap kerja sama RSUD Abdul Aziz Singkawang dengan pihak-pihak lain bisa terjalin lebih baik demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kerja sama yang sudah ada tetap berlanjut, dan diharapkan bisa menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. (rud/jee)