Kapolres Sampaikan Lima Pesan di HUT Satpam

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 142

Kapolres Sampaikan Lima Pesan di HUT Satpam
APEL PERINGATAN - Satuan Pengamanan (Satpam) saat digelarnya apel peringatan HUT Satpam ke-37 di Mapolres Singkawang, Selasa (9/1). Dalam apel tersebut, Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat memberikan lima pesan. (SP/Rudi)
SINGKAWANG, SP - Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat memimpin apel peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-37 di halaman Mapolres Singkawang, Selasa (9/1).

Ada lima pesan yang disampaikan Kapolres dalam arahannya kepada semua anggota Satpam.

Pertama, pelihara dan mantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam.

"Kedua, bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja," ujarnya.

Yang ketiga, selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi di tahun politik mendatang. Keempat, tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan Polri dan instansi terkait di lapangan.

"Kelima, berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security," pesannya.

Posisi security dalam organisasi, hendaknya dipegang oleh anggota Satpam yang memenuhi regulasi yang mengaturnya.

Panduan ini, menurutnya, memberikan tuntunan untuk menerapkan suatu tata kelola pengamanan swakarsa secara holistik terhadap proses bisnis suatu organisasi.

"Penerapan panduan ini tidak harus ekslusif, namun melengkapi tatanan industrial security yang telah berjalan guna lebih meningkatkan kemampuan organisasi secara swakarsa dan profesional dalam menanggulangi ancaman dan gangguan keamanan terhadap proses bisnisnya serta mematuhi regulasi keamanan yang berlaku," katanya.

Dia menegaskan, bahwa yang dimaksud dengan anggota Satpam dalam panduan tersebut adalah mereka yang secara fungsional dan struktural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis organisasi.

"Dari yang saya kemukan tersebut bahwa anggota Satpam memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan kekuatan," ujarnya. (rud/jee)