Pempus Beri Bantuan Rp3 Miliar

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 121

Pempus Beri Bantuan Rp3 Miliar
SEMI MODERN - Danrem 121/Alambanawai, Brigjen TNI Bambang Ismawan bersama Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meninjau pembangunan pasar semi modern Alianyang yang menggunakan dana APBN, beberapa waktu lalu. (SP/Rudi)

Digunakan untuk Tingkatkan Pembangunan Pasar Tradisional 


Kadisperindagkop Singkawang, Hendryan
"Terkait ini, Ibu Wali Kota bisa membicarakannya nanti ke Menteri Perdagangan, dan mudah-mudahan disetujui oleh menteri"

SINGKAWANG, SP – Pemerintah pusat kembali menggelontorkan dana bantuan untuk pembangunan pasar tradisional di Kota Singkawang sebesar Rp3 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop) Singkawang, Hendryan mengatakan, bantuan tersebut diperuntukan untuk membangun tiga pqasar tradisional di Singkawang.

Hanya saja dari tiga lokasi pasar yang dinginkan pusat untuk ditingkatkan, dua diantaranya sudah dilakukan tahun sebelumnya.  

"Jadi hanya tinggal satu lokasi pasar saja yang akan dibangun," ujarnya.

Akan tetapi menurut Hendryan, Pemkot Singkawang melalui Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menginginkan agar peningkatan pasar dapat dilakukan di dua lokasi.

"Terkait ini, Ibu Wali Kota bisa membicarakannya nanti ke Menteri Perdagangan, dan mudah-mudahan disetujui oleh Menteri," ungkapnya.

Secara terpisah, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, dalam mengelola pasar perlu adanya pembinaan dari pemerintah khususnya Dinas Perdagangan.

Sehingga pasar yang dibangun nantinya bisa menjadi pusat belanja yang diminati. Kerena itu, Pemkot Singkawang sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat akan berupaya untuk merevitalisasi pasar sehingga pendapatan dari pasar bisa di tingkatkan.

Namun dengan adanya bantuan itu, katanya, apakah pasar yang sudah ada akan pihaknya revitalisasi atau di bangun dengan yang baru.

"Jadi semuanya perlu ada suatu kajian, karena konsep kita bekerja adalah kegiatan yang mengikuti anggaran bukan anggaran yang mengikuti kegiatan," ujarnya.

Sejahterakan Masyarakat


Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan Kota Singkawang saat ini memang membutuhkan sarana dan prasarana penunjang kegiatan masyarakat.

Pelayanan publik, katanya, harus menjadi prioritas. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin bertambah.

"Kami mendukung penuh visi misi Wali Kota Singkawang untuk meningkatkan pelayanan publik yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang semakin besar," katanya.

Dengan semakin banyaknya pembangunan pasar di Kota Singkawang, diyakini Handryan tentunya juga akan mempermudah masyarakat untuk berbelanja.

"Jadi pasar itu tidak hanya sekadar dibangun, tetapi kebersihan, keindahan dan kenyamanan juga harus diperhatikan," pintanya.

Di samping itu, ia juga meminta agar dinas terkait senantiasa melakukan penataan pasar berdasarkan dengan kecamatan dan akses kelurahan.

"Kita ingin membangun Singkawang yang senyaman dan seramah mungkin," tutupnya. (rud/jee)