Harga Jual Bawang Merah Alami Kenaikan

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 27

Harga Jual Bawang Merah Alami Kenaikan
Ilustrasi. Net
SINGKAWANG, SP - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Singkawang, Hendryan mengatakan, harga bawang merah di Singkawang mengalami kenaikan. 

Jika sebelumnya bawang merah dijual seharga Rp24 ribu - Rp26 ribu kini dijual seharga Rp28 ribu per kilogram.

Menurutnya, kenaikan harga bawang merah disebabkan cuaca ekstrim yang terjadi sekarang ini, sehingga pengiriman bawang merah yang sebagian besar berasal dari Pulau Jawa terkendala dengan kondisi cuaca.
 
"Kita minta agar masyarakat tidak membeli bawang merah dalam jumlah yang besar, tapi belilah seperlunya saja. Karena kalau membeli dalam jumlah yang besar, maka akan terjadi mekanisme pasar dan tentu akan membuat harga semakin tinggi," ujarnya, Rabu (10/1).

Hendryan menjelaskan, apabila dibeli dalam jumlah yang sewajarnya maka hal itu dapat membantu menurunkan harga jual.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, harganya kembali seperti biasa lagi, tapi sampai saat ini bawang merah masih ada namun stoknya terbatas,” ungkapnya.
 
Warga Singkawang, Kamaludin meminta agar dinas terkait harus memonitor harga sembako di Singkawang guna menghindari terjadinya kecurangan yang dilakukan pedagang.

"Peran serta Dinas Perdagangan untuk memonitor kestabilan harga sangat diperlukan demi kepentingan masyarakat luas," pintanya.

Meskipun harga jual bawang merah meningkat, namun untuk harga jual keperluan sembako yang lain saat ini masih dijual dengan harga normal. (rud/jee)