26 WNA Dideportasi dari Imigrasi

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 208

26 WNA Dideportasi dari Imigrasi
Ilustrasi. Net
SINGKAWANG, SP – Sepanjang tahun 2017, Kantor Imigrasi Kelas II Singkawang mendeportasi 26 orang warga negara asing (WNA) yang bermasalah.

"Ada 26 WNA yang kita deportasi selama tahun 2017, dimana 2 orang merupakan warga Taiwan, 6 orang warga Malaysia dan sisanya dari RRC," Kepala Kepala Kantor Imigrasi Kelasa II  Singkawang, kata Noor Agus Nurihidayat, Selasa (16/1).

Masalah yang kerap menyebabkan para WNA dideportasi dijelaskan Agus karena tersangkut masalah izin tinggal atau izin kunjungan.

"Kebanyakan warga asing ini menggunakan visa kunjungan baik untuk kepentingan sosial maupun bisnis," ujarnya. 

Jika kunjungan sosial, tambahnya, boleh jadi kedatangan warga asing tersebut untuk menjenguk keluarga atau hal lainnya seperti menghadiri acara undangan teman atau lainnya. 

Sedangkan kunjungan bisnis, jelasnya, boleh jadi warga asing tersebut datang ke Singkawang dalam rangka berinvestasi atau lainnya. 

"Jika izin keimigrasiannya sudah habis baik itu soal kunjungan mapun bisnis maka bisa dideportasi," jelasnya.

Di samping itu, dia juga meminta masyarakat Singkawang untuk mengawasi keberadaan warga asing ilegal.

"Jika memang menemukan hal-hal yang mencurigakan, masyarakat bisa langsung melapor atau  memberi informasi ke kami," pintanya.

Menurutnya, peran serta masyarakat sangat diperlukan mengingat keterbatasan tenaga Imigrasi Singkawang baik secara organisasi maupun struktural.

"Jadi kalau memang laporan atau informasi itu benar, maka akan kita tindaklanjuti laporan itu sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku," tegasnya. (rud/jee)