Investor Bangun Lapangan Terbang Pribadi

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 516

Investor Bangun Lapangan Terbang Pribadi
LANDASAN PESAWAT – Salah satu landasan terbang pesawat. Di Kota Singkawang, salah seorang investor berencana membangun landasan lapangan terbang pribadi di wilayah Kelurahan Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara. Rencana tersebut mendapat dukungan Pe

Chui Mie:  Selama Sesuai Aturan, Kita Dukung


Wali Kota Singkawang, Tjhia Chui Mie
"Saya sudah meninjau (lahan) beberapa waktu lalu, dan tentunya saya mengapresiasi rencana ini. Selama sesuai aturan, kita dukung"

SINGKAWANG, SP - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyambut baik rencana pembangunan lapangan terbang pribadi yang akan dibangun di Kelurahan Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara.

Bahkan menurut Chui Mie, secara pribadi, ia telah melakukan peninjauan ke lokasi lapangan terbang yang prosesnya telah masuk tahap land clearing tersebut.

"Saya sudah meninjau (lahan) beberapa waktu lalu, dan tentunya saya mengapresiasi rencana ini. Selama sesuai aturan, kita dukung," kata Tjhai Chui Mie, Selasa (23/1).

Menurut dia, masyarakat sekitar landasan lapangan terbang, nantinya juga merasakan manfaat dengan adanya landasan terbang, yang kabarnya dibangun oleh investor dari luar Singkawang dan akan digunakan untuk keperluan pribadinya. 

 "Dari hasil jual tanah warga kepada investor tersebut sejumlah warga bisa berangkat umroh," ungkapnya. 

Padahal, sebelum masuknya investasi lapangan udara pribadi, lokasi lahan lama terbengkalai. Pembangunan lapangan udara pribadi itu saat ini juga sudah mengantongi izin prinsip dari Kementerian Perhubungan RI. 

"Saya selaku Wali Kota Singkawang akan menginstruksikan OPD untuk mengawal hal ini dan mendorong masuknya investasi di Kota Singkawang dengan tidak mengenyampingan atau melanggar aturan yang berlaku," pintanya. 

Secara terpisah, Ketua DPRD Singkawang, Sujianto mengatakan sangat mendukung adanya rencana pembangunan lapangan terbang pribadi di Singkawang.

"Sepanjang tidak ada permasalahan warga di situ, saya mendukung," katanya.

Meskipun pembangunan lapangan terbang tersebut merupakan milik pribadi, ia berharap nantinya keberadaanya juga turut mendukung perekonomian warga di Singkawang Utara.

Akan tetapi, Sujianto mengingatkan kepada pemilik lapangan terbang agar penggunaan lapangan terbang tidak boleh dikomersilkan. Hal ini ia ingatkan, lantaran Singkawang juga akan membangun bandara yang akan dibangun pemerintah.

"Sekarang ini sedang dalam pengkajian tim aversial untuk menilai lahan-lahan ganti rugi tanam tumbuh tersebut," ungkapnya.

Dia juga meminta, agar bandara yang akan dibangun Pemerintah itu harus serius, mengingat Singkawang sudah melakukan pergantian Wali Kota.

"Jangan hanya janji-janji saja, saya harap Wali Kota Singkawang yang sekarang serius untuk membangunnya," pintanya.

Warga Mendukung


Camat Singkawang Utara, Arman Masudi mengatakan, sangat mendukung jika lapangan terbang pribadi tersebut akan dibangun.

"Intinya saya dan lurah sangat mendukung, termasuk warga Semelagi, Kecamatan Singkawang Utara khususnya," katanya.

Dukungan tersebut dikatakannya dapat dibuktikan dengan tidak adanya aksi protes warga setempat terkait rencana pembangunan tersebut. Menurut Arman, warga juga berpendapat bahwa dengan dibangunnya bandara diyakini akan memberikan dampak yang positif bagi warga di Kecamatan Singkawang Utara.

"Kalau ada bandara mungkin pembangunan di Singkawang utara akan cepat berkembang," ujarnya. (rud/jee)