Pemkot Akan Gelar Singkawang Ramadan Fair

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 339

Pemkot Akan Gelar Singkawang Ramadan Fair
RENCANA AWAL - perencanaan awal lokasi event Singkawang Ramadhan Fair 1439 H tahun 2018 yang akan digelar Pemkot Singkawang. (Ist)
SINGKAWANG, SP – Rencana Pemkot Singkawang memeriahkan hari raya Idul Fitri 2018 mulai dipresentasikan. Presentasi disampaikan staf ahli Wali Kota Singkawang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Agus Priyatno, di ruang rapat Wali Kota Singkawang, Rabu (14/3).

Dalam presentasi yang dihadiri Wali Kota singkawang, Tjhai Chui Mie dan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Agus mengatakan bulan Ramadan nanti, Pemkot Singkawang akan menggelar even yang diberi nama Singkawang Ramadan Fair 1439 Hijriah tahun 2018.

Beberapa perubahan akan dilakukan demi pelaksanaan kegiatan, salah satunya memindahkan lokasi pasar juadah yang sebelumnya berada di sekitar Masjid Raya Singkawang di Jalan Merdeka. Pemindahan lokasi tersebut dilakukan agar konsep acara yang direncanakan bisa berjalan baik.

“Pasar Juadah ini akan diisi oleh pedagang tetap, hanya tempatnya saja yang berpindah agar kelihatan rapi dan indah,” kata Agus.

Para pedagang di pasar juadah nantinya akan berjualan di dalam gerbang yang akan didirikan di dekat Bank Mandiri sampai di ujung Jembatan Agen. Tenda-tenda pedagang juga akan dikemas lebih baik dan rapi.

“Kemudian, tempat jualannya harus tertutup, rapi, bersih dan hiegenis," ujarnya.

Kemudian untuk warga yang membeli makanan di pasar juadah, kendaraan mereka nantinya diparkirkan di depan Masjid Raya.

"Jadi di dalam pasar juadah, tidak ada lagi kendaraan yang boleh masuk, karena akan ditutup untuk pedagang pasar juadah," ungkapnya.

Tak hanya itu, penataan juga akan dilakukan di Taman Burung dan halaman Mess Daerah Singkawang.

"Kita tata untuk dijadikan kawasan Merdeka Walk, seperti yang ada di Medan," tuturnya.

Untuk gapura, lanjutnya, akan buat bagus dan berkarya seni sesuai dengan nuansa Islami. Pembukaan Ramadan Singkawang Fair dilakukan dengan pelepasan balon udara.

Guna memeriahkan bulan suci Ramadhan tersebut, Pemkot Singkawang juga berencana akan mendatangkan penceramah untuk memberikan syiar Islam. Kemudian acara Fashion Street di depan Masjid Raya.

Sementara untuk hiasan, di depan Masjid Raya Singkawang akan dipasang lampu hias ketupat raksasa.

"Jadi di depan Masjid Raya nanti akan kita bombardir dengan lampu-lampu hias ketupat dan ada yang berukuran besar," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie yang juga bertindak sebagai ketua umum Singkawang Ramadhan Fair 1439 H tahun 2018 mengatakan, setelah Imlek dan Cap Go Meh berjalan dengan lancar dan sukses, maka selanjutnya adalah bagaimana kita menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

"Guna menyemarakkan kegiatan hari besar keagamaan ini, maka dibentuklah sebuah kepanitiaan yang dinamakan Singkawang Ramadhan Fair," katanya.

Di dalam pembentukan panitia, dirinya dipercaya sebagai ketua umum, sedangkan untuk ketua pelaksana dan sebagainya masih dalam pembahasan. (rud/jee)