BKD Jalin Kerja Sama dengan PT Pos Tarik Pajak Bumi dan Bangunan

Singkawang

Editor Indra W Dibaca : 199

BKD Jalin Kerja Sama dengan PT Pos Tarik Pajak Bumi dan Bangunan
Kepala BKD Singkawang, Muslimin. (SP/Rud)
SINGKAWANG, SP - Badan Keuangan Daerah (BKD) Singkawang sedang menjalani proses kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk melakukan penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada masyarakat secara Door to Door.
Kepala BKD Singkawang, Muslimin mengatakan, saat ini proses kerjasamanya sedang berjalan.

"Dilakukannya kerja sama dengan PT Pos Indonesia tujuannya tidak lain hanya semata-mata untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama yang tinggal di daerah pinggiran," kata Muslimin, Senin (11/6).

Karena dirinya paham, bahwa jumlah PBB yang harus dibayarkan masyarakat sangatlah kecil, sementara tempat pembayaran sangat jauh dari tempat tinggal mereka.

"Katakanlah jumlah PBB yang mau masyarakat bayarkan sebesar Rp20 ribu, jadi kalau mereka harus datang ke kota inikan selain menghabiskan waktu juga biaya," ujarnya.

Di sisi lain, PBB merupakan kewajiban dari seluruh masyarakat untuk pembangunan Kota Singkawang.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dan berkomunasi dengan PT Pos Indonesia untuk melakukan penarikan PBB dengan cara "jemput bola".

"Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor BKD maupun Bank Kalbar yang berada di pusat kota untuk melakukan pembayaran PBB," ungkapnya.

Dia mengatakan, PBB yang sudah ditetapkan sebesar Rp6,5 miliar tahun ini, hingga 7 Juni 2018 baru mencapai sebesar Rp1,3 miliar atau 20,54 persen.

"Realisasinya dirasakan belum banyak, karena memang pada saat ini SPPT-PBB baru nyampai di RT. Sehingga RT masih sedang membagikannya kepada obyek pajak," jelasnya.

Biasanya, kata dia, tren kenaikan pendapatan PBB akan terjadi di akhir tahun antara bulan Oktober, November dan Desember. (rud)


Komentar