Realisasi PAD Singkawang hingga Juni 2018 Capai Rp19,5 Miliar

Singkawang

Editor Indra W Dibaca : 350

Realisasi PAD Singkawang hingga Juni 2018 Capai Rp19,5 Miliar
Kepala Badan Keuangan Daerah Singkawang, Muslimin. (SP/Rud)
SINGKAWANG, SP - Kepala Badan Keuangan Daerah (BKS) Singkawang, Muslimin mengatakan, hingga per 7 Juni 2018 realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Singkawang sudah mencapai Rp19,5 miliar atau sekitar 50,92 persen.

"Artinya sampai dengan tanggal 7 Juni pendapatan PAD tahun ini sudah mencapai separuh dari target yang kita tetapkan sebesar Rp38,320 miliar," kata Muslimin, Selasa (12/6).

Menurutnya, realisasi PAD ini berasal dari 11 jenis pajak daerah yang dikelola oleh BKD. Dimana tiga jenis pajak diantaranya telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap peningkatan PAD Kota Singkawang.

"Tiga jenis pajak yang dimaksud adalah pajak perhotelan, pajak restoran dan pajak hiburan," ujarnya.

Muslimin menjelaskan, pada pajak perhotelan, hingga 7 Juni sudah mencapai sebesar Rp1,6 miliar atau 76,64 persen dari yang ditargetkan sebesar Rp2,1 miliar.

Sedangkan pada pajak restoran, hingga 7 Juni sudah mencapai sebesar Rp2,7 miliar atau 60,39 persen dari yang ditargetkan sebesar Rp4,5 miliar.

Sementara pada pajak hiburan, hingga 7 Juni hampir mencapai sebesar Rp1,5 miliar atau 62,93 persen dari yang ditargetkan sebesar Rp2,3 miliar.

Disisi lain, lanjutnya, khususnya pada pajak BPHTB, hingga 7 Juni sudah mencapai sebesar Rp6,2 miliar atau 68,69 persen dari yang ditargetkan sebesar Rp9 miliar.

"Jadi terus terang saja, untuk tahun ini realisasi PAD Kota Singkawang pada akhir bulan Juni kelak dirasakan akan lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun yang sebelumnya," ungkapnya.

Secara terpisah, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meminta kepada pengusaha (wajib pajak) harus sadar karena dengan membayar pajak mereka ikut berpartisipasi membangun Kota Singkawang.

"Yang kita harapkan adalah kesadaran dari masing-masing pengusaha untuk mentaati aturan membayar pajak," katanya. (rud)