TNI-Polri Sungai Raya Gelar Apel Bersama Kesiapan Pengamanan Pilkada

Singkawang

Editor Indra W Dibaca : 439

TNI-Polri Sungai Raya Gelar Apel Bersama Kesiapan Pengamanan Pilkada
Apel bersama kesiapan pengamanan Pilgub Kalbar 2018. (SP/Rud)
SINGKAWANG, SP - Polsek Sungai Raya bersama Koramil 06/Sungai Raya Kabupaten Bengkayang melaksanakan apel kesiapan pengamanan dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018, di lapangan Koramil 06 Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, Selasa (12/6).

Kapolsek Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, AKP Syaiful Bahri mengatakan, pasukan yang diturunkan dalam pengamanan tersebut adalah pasukan pengamanan gabungan dari berbagai unsur seperti TNI dan Polri.

"Selain itu juga kita kerahkan pasukan dari instansi lain seperti, Linmas, Basarnas, Satpol PP dan Dinas Damkar," katanya.

Dia menjelaskan, bahwa apel kesiapan pengamanan itu dilaksanakan untuk pengecekan kesiapan personel sarana dan prasarana dalam rangka Pemilihan Gubernur Kalbar.

"Setiap tahapan Pilkada memiliki berbagai kerawanan gangguan Kamtibmas yang harus dijaga, diantisipasi dan ditanggulangi bersama," ujarnya.

Maka dari itu, untuk seluruh anggota, pintanya, lakukan tahapan manajemen dalam tugas, tingkatkan koordinasi dan kerja sama antar penyelenggara dan petugas keamanan.

Dalam kesempatan yang sama, Danramil 06 Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, Kapten Inf Sulistiono mengatakan, anggotanya berada di bawah komando kepolisian dalam pengamanan pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak 2018.
"Kami siap membantu kepolisian dalam melakukan pengamanan," katanya.

"Untuk jumlah personel yang akan dikerahkan, akan disesuaikan dengan permintaan kepolisian. Dan tiap wilayah berbeda-beda," ujarnya.

Dia mengatakan, bahwa wilayahnya terdiri dari tiga kecamatan, antaralain, Capkala, Sungai Raya dan Sungai Raya Kepulauan.

"Jika dilihat dari demografi sangat beragam semua suku dan agama. Sehingga diperlukan kerja sama yang baik dari semua instansi sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib," ungkapnya.

Dia juga berharap, netralitas TNI-Polri serta unsur penyelenggara Pilkada seperti KPU, Bawaslu dan Panwaslu serta seluruh komponen masyarakat, dalam menjaga keamanan dan kesuksesan Pilkada serentak 2018 ini. (rud)