Sempat Kabur ke Pontianak, Pelaku Curas Akhirnya Diringkus Polisi

Singkawang

Editor Indra W Dibaca : 265

Sempat Kabur ke Pontianak, Pelaku Curas Akhirnya Diringkus Polisi
Tersangka T saat diamankan Satreskrim Polres Singkawang. (Ist)
SINGKAWANG, SP - Satuan Reskrim Polres Singkawang menangkap seorang pria berinisial TT alias T, lantaran diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas).

"Pelaku berhasil kita amankan pada Jumat (29/6) sekitar pukul 18.00 WIB di Kota Pontianak," kata Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP Michael Terry, Minggu (1/7).

Perbuatan Curas itu dilakukannya pada 26 Agustus 2017 terhadap korbannya berinisial MS, tepatnya di Jl Yos Yudarso (Simpang Kuala) Kelurahan Kuala, Kecamatan Singkawang Barat, sekira pukul 11.30 WIB. Dimana pada saat itu, korban sedang dibonceng temannya dengan menggunakan sepeda motor dari arah Jl Tani menuju Kuala mau pulang ke Sungai Wie.

Tidak lama kemudian, setibanya di perempatan lampu merah simpang empat kuala (samping Rumah Adat Melayu) sepeda motor korban dipepet dari sebelah kanan oleh orang yang tidak dikenal dan langsung merampas tas jinjing warna hitam milik korban.

"Usai mengambil tas, pelaku langsung melarikan diri," ujarnya.

Sementara tas yang diambil pelaku berisikan satu buah Handphone merk VIVO Y55 warna Gold, satu buah kabel data, satu buah Handphone merk Nokia warna hitam, satu buah kaca mata minus, surat-surat penting dan uang sekitar Rp200 ribu.

"Jika ditotalkan kerugian yang dialami korban diperkirakan sebesar Rp4 juta," ungkapnya.

Berdasarkan laporan korban itulah, pihaknya melakukan serangkaian dan penyelidikan. Dengan melakukan pencarian barang bukti sehingga didapatkan barang bukti dari seseorang yang beralamat di Jalan KS Tubun Singkawang.

Selanjutnya, dilakukan pendalaman asal usul barang bukti yang telah diamankan sehingga didapatkan identitas pelaku yakni Sdr T yang beralamat di Gang Manggis, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah.

Setelah beberapa kali dilakukan upaya penangkapan terhadap Sdr T, namun polisi belum berhasil mengamankan. Lantaran keberadaan Sdr T sulit ditemukan.

Kemudian, pada bulan Juni 2018 baru didapatkan informasi, bahwa Sdr T melarikan diri dan bekerja serabutan di Kota Pontianak. Selanjutnya anggota Unit Buser Polres Singkawang berkoordinasi dengan anggota Unit Reskrim Polsek Pontianak Kota untuk mencari keberadaan T.

"Dan pada tanggal 29 Juni 2018 sekira pukul 18.00 WIB, Sdr T berhasil diamankan oleh anggota Unit Reskrim Polsek Pontianak Kota dan selanjutnya anggota Unit Buser Polres Singkawang melakukan penjemputan tersangka dari Pontianak ke Polres Singkawang," jelasnya.

Dari hasil interogasi sementara, didapatkan keterangan bahwa Sdr T telah melakukan kejahatan pencurian (Curat dan Curbis) di Kota Singkawang sebanyak 9 (sembilan) kali dengan TKP yang berbeda dalam kurun waktu lima bulan (Agustus-Desember) 2017.

"Untuk Tersangka T saat ini sudah diamankan ke Mako Polres Singkawang untuk menjalani proses sidik lebih lanjut," katanya. (rud)