Amie Jalin Kerja Sama Antar Wali Kota di Rakernas Apeksi

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 278

Amie Jalin Kerja Sama Antar Wali Kota di Rakernas Apeksi
RAKERNAS APEKSI - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie didampingi Pejabat Asisten I Heri Apriyadi saat mengikuti Rakernas Apeksi di Function Hall Tarakan Plaza Jakarta, Rabu (25/7). Salah satu misi pentingnya adalah mencari peluang kerja sama dengan kota l
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie
"Dimana saya juga lewat obrolan bersama wali kota-wali kota yang ada bisa melakukan promosi untuk Singkawang sebagai tujuan wisata di Indonesia, dengan tingkat toleransi masyarakat yang diakui secara nasional,"

SINGKAWANG, SP - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Function Hall Tarakan Plaza Jakarta, Rabu (25/7).

Rakernas Apeksi yang mengangkat tema: "Penguatan Kerja Sama Antar Daerah dalam Mengoptimalkan Potensi Daerah" itu dihadiri sebanyak 98 wali kota seluruh Indonesia yang tergabung dalam organisasi tersebut.

"Banyak hal yang kita bicarakan dalam upaya membangun kerja sama antar daerah bagi kepentingan pembangunan daerah," kata Tjhai Chui Mie, Kamis (26/7).

Sejumlah isu penting diangkat Tjai Chui Mie dalam pertemuan itu, diantaranya adalah strategi kerja sama antar daerah untuk pembangunan dan pelayanan publik, penguatan usaha kecil dan menengah daerah dalam menghadapi era digitalisasi, serta peluang dan tantangan perekonomian digital untuk mendukung optimalisasi potensi daerah.

Selain itu juga, mencari peluang kerja sama dengan kota lainnya untuk menunjang pembangunan daerah. Dia berharap, dengan adanya pertemuan itu, bisa menambah koneksi Kota Singkawang agar dapat dikenal luas oleh kota-kota yang ada di Indonesia.

"Dimana saya juga lewat obrolan bersama wali kota-wali kota yang ada bisa melakukan promosi untuk Singkawang sebagai tujuan wisata di Indonesia, dengan tingkat toleransi masyarakat yang diakui secara nasional," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Apeksi Nasional yang juga Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, Rakernas merupakan forum satu tahunan, untuk menganalisa dan mengevaluasi kegiatan Apeksi.

"Dari forum ini diharapkan tersusun arahan program yang sesuai dengan kebutuhan anggota dan permasalahan yang sedang berkembang," katanya.

Dikatakan Airin, pada dasarnya setiap daerah memiliki potensi sekaligus juga keterbatasan masing-masing. Keterbatasan pemerintah daerah di masing-masing wilayah dalam melaksanakan pembangunan untuk memenuhi pelayanan publik yang menjangkau ke seluruh masyarakat berpotensi menyebabkan ketimpangan pemerataan hasil pembangunan.

"Sehingga dibutuhkan suatu kerja sama yang diharapkan dapat menjembatani kepentingan untuk maju bersama dan menyelesaikan secara bersama antar daerah, terutama di wilayah-wilayah perbatasan yang rentan terhadap konfllik sosial," ujarnya.

Kerja sama antar daerah, merupakan wahana dan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain, menyerasikan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antar daerah dengan seluruh stakeholder.

Dia berharap, melalui kerja sama antar daerah juga dapat mengurangi kesenjangan daerah dalam penyediaan infrastruktur sosial yang dapat digunakan secara bersama-sama

"Semoga melalui kerja sama antar daerah dapat mengurangi kesenjangan daerah dalam penyediaan infrastruktur," harapnya.

Sampaikan Program Prioritas

Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan, kerja sama antar kota yang tergabung dalam Apeksi memiliki potensi yang sangat bagus sebagai ajang untuk saling belajar dan berpromosi dalam meningkatkan kinerja pemerintahan kota yang lebih kompetitif.

"Apalagi dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Singkawang bisa bertemu dengan Bapak Presiden RI, Joko Widodo," katanya.

Sehingga, banyak yang bisa disampaikan berkaitan dengan prioritas Singkawang untuk membenahi infrastruktur baik bandara pesawat, pelabuhan, jalan dan air bersih yang harus dituntaskan dalam waktu cepat. "Saya berharap semua ini sudah disampaikan ke Bapak Presiden RI," ujarnya.

Berkaitan dengan kerja sama antar kota yang tergabung dalam Apeksi, dia berharap bisa ditindaklanjuti dengan pertemuan selanjutnya untuk mematangkan kerja sama sesuai dengan potensi yang ada. (rud/ang)