Polres Singkawang Amankan Tiga Pelaku Penggelapan Motor

Singkawang

Editor Indra W Dibaca : 200

Polres Singkawang Amankan Tiga Pelaku Penggelapan Motor
Ilustrasi. (Net)
SINGKAWANG, SP - Polres Singkawang mengamankan tiga orang pria lantaran diduga sebagai pelaku tindak pidana penggelapan.

"Ketiga pria ini masing-masing berinisial IRW alias WD, BD alias BE dan HND alias TY," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi, Senin (20/8).

Ketiganya berhasil diamankan pada Kamis (16/8) kemarin, dimana salah satu tersangka IRW alias WD sempat bertemu dengan anggota polisi tepatnya di persimpangan Hotel Sahabat Baru sekitar pukul 02.00 WIB.

Menurutnya, tersangka penggelapan sepeda motor ini telah termonitor oleh anggota unit buser Satreskrim Polres Singkawang.

"Setelah didapatkan nomor kontak telepon tersangka, kemudian dilakukan pancingan terhadap tersangka kemudian disepakati bertemu di persimpangan Hotel Sahabat Baru. Saat tersangka datang, langsung diamankan oleh anggota unit buser Satreskrim Polres Singkawang," ujarnya.

Kemudian, setelah di interograsi, bahwa tersangka membenarkan telah melakukan penggelapan sepeda motor milik pelapor berinisial HD dan terhadap sepeda motor tersebut telah dijual kepada BE.

Lalu, polisi melakukan pencarian sepeda motor yang telah dijual kepada BE. Keesokan harinya (Jumat, 17 Agustus) sekitar  pukul 13.00 WIB, polisi berhasil menemukan BE.

"Namun dari pengakuan BE bahwa sepeda motor tersebut telah dijualnya lagi kepada seseorang di wilayah Desa Sentebang Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas," jelasnya.

Dari keterangan BE,  kemudian Tim Buser Satreskrim Polres Singkawang langsung berangkat menuju ke Kabupaten Sambas.

"Di alamat yang disebutkan BE, anggota berhasil mengamankan TY yang diduga sebagai pembeli barang hasil curian tersebut," katanya. 

Dari penyelidikan yang dilakukan, TY mengakui jika motor tersebut telah dijualnya kepada seseorang lagi di wilayah pedalaman antara Kecamatan Teluk Keramat dengan Kecamatan Galing, kemudian Tim Buser langsung menuju ke tempat yang dimaksud dan melakukan koordinasi dengan Polsek Teluk Keramat untuk mencari keberadaan seseorang yang dimaksud TY," ungkapnya. 

Setelah dilakukan penelusuran, bahwa orang yang dimaksud TY itu tinggal di Desa Tri Kembang Dusun Sange Kelampai dengan nama panggilan SN.
 
Berdasarkan keterangan tersebutlah, Tim Buser langsung menuju Dusun Sange Kelampai dan berkoordinasi dengan Ketua Dusun setempat untuk mencari keberadaan SN, dan didapatkan keterangan bahwa SN bertempat tinggal di sebuah pondok dalam kebun di ujung perkampungan Dusun Sange Kelampai, yang hanya bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor.

Setelah dilakukan pendekatan kepada Ketua Dusun dan warga setempat, sehingga barang bukti berupa satu unit sepeda motor Yamaha Mio M3 Blue Core 125 berhasil diamankan oleh Kepala Dusun dan diserahkan kepada Tim Buser dan kemudian Tim Buser langsung kembali menuju ke Kota Singkawang.

Saat ini, katanya, ketiga tersangka masing-masing berinisial IRW alias WD, BD alias BE dan HND alias TY beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Singkawang.

"Untuk tersangka IRW alias WD dikenakan Pasal 372 KUHP, tersangka BD alias BE dikenakan Pasal 480 KUHP dan HND alias TY dikenakan Pasal 480 KUHP," ujarnya. (rud)