Polres Singkawang Ungkap Enam Kasus Curanmor

Singkawang

Editor Jindan Dibaca : 249

Polres Singkawang Ungkap Enam Kasus Curanmor
Press Release yang digelar Polres Singkawang terkait Curanmor
SINGKAWANG, SP - Polres Singkawang  berhasil mengungkap  kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang merupakan tangkapan dari bulan Agustus - September 2018.

"Ini adalah hasil tangkapan Satreskrim Polres Singkawang yang berhasil mengungkap sebanyak enam Laporan Polisi (LP), dengan mengamankan sebanyak 11 orang tersangka dan barang bukti sepeda motor sebanyak enam unit," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi, saat press release, Senin (10/9).

Namun dari 11 tersangka, yang bisa pihaknya tampilkan hanya sebanyak 9 orang. 

"Hal itu dikarenakan satu tersangka masih dalam penahanan Polres Sambas dan satunya lagi di Rutan karena terjerat kasus yang lain," ujarnya. 

Menurutnya, enam barang bukti sepeda motor merupakan hasil pengungkapan dari dua LP, sedangkan empat lainnya merupakan kasus penggelapan. 

Sementara modusnya sangat bervariasi, diantaranya dua pencurian dengan pemberatan (curat), sedangkan sisanya digelapkan. 

"Sehingga terjadilah kerugian yang dialami pemilik (korban)," ungkapnya. 

Begitu juga dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) nya, sedikitnya ada tiga lokasi kejadian, antara lain, di wilayah hukum Polsek Singkawang Barat, Singkawang Selatan dan Tengah. 

Dimana pada kasus curanmor, pelaku sebelumnya merusak kunci kontak sepeda motor dengan kunci T, kemudian diseret ke tempat yang sepi. 

Sedangkan pada kasus penggelapan, modusnya ada dua yakni sewa/pinjam yang tujuannya untuk memiliki. 

Kemudian, berdasarkan hasil penyelidikan, bahwa rata-rata aksi ini dilakukan hanya karena faktor ekonomi. (rud)