Penderita HIV/AIDS Singkawang Mayoritas Ibu Rumah Tangga

Singkawang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 924

Penderita HIV/AIDS Singkawang Mayoritas Ibu Rumah Tangga
Singkawang, SP – Jumlah warga yang terjangkit virus HIV/AIDS di Kota Singkawang sejak tahun 2017 mencapai 1.005 orang. Kebanyakan penderita adalah ibu rumah tangga.  

Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Singkawang, Roby Sanjaya mengatakan jumlah penderita HIV/AIDS dari kalangan pekerja seks komersial dan pengguna narkotika justru  menurun. “Jumlah ini meliputi semua kalangan. Hanya saja penderitanya lebih mendominasi ke ibu rumah tangga,” kata Roby, Kamis (4/10).

Roby mengaku KPA tahun ini belum mendata jumlahh penderita HIV/AIDS. Dia berharap jumlah penderita berkurang.

Untuk mencegah penyebaran virus HIV/AIDS tidak semakin berkembang di Kota Singkawang, pihaknya melakukan langkah-langkah antara lain memulangkan pasien tertular HIV/AIDS ke daerah asalnya.

“Pasien yang berobat di Klinik Mawar RSUD Abdul Aziz Singkawang ini tidak hanya berasal dari Singkawang saja, tapi juga dari Kabupaten Sambas dan Bengkayang,” kata Roby.

Dia berharap, di Kabupaten Sambas dan Bengkayang ada klinik yang juga dapat melayani pengobatan HIV/AIDS. “Adanya klinik tersebut tidak menyebabkan penumpukan pasien di Singkawang,” ungkapnya. Menurut Roby, jumlah petugas pendamping di Klinik Mawar RSUD Abdul Aziz Singkawang terbatas. 

Dia berharap ada kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sambas  dan  Bengkayang untuk mengatasi pelayanan kesehatan pasien HIV. (rud)