Mantan Napi Singkawang Dapat Bantuan Modal Usaha

Singkawang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 184

Mantan Napi Singkawang Dapat Bantuan Modal Usaha
Singkawang, SP – Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat memberikan bantuan modal usaha untuk 20 mantan warga binaan pemasyarakatan di Kota Singkawang. Masing-masing menerima bantuan modal Rp 3 juta.  

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Wiji mengatakan para mantan warga binaan ini sebelumnya diberikan bimbingan selama 10 hari. Mereka akan diarahkan sesuai ketrampilan.  

“Jika ahlinya di bidang bengkel atau lainnya tentu kami siap memberikan pemberdayaan kepada mereka sesuai bakat dan skillnya,” kata Wiji saat membuka kegiatan bimbingan sosial bekas warga binaan pemasyarakatan di Ruang Bumi Bertuah, Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (9/10).

Materi bimbingan usaha akan melibatkan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Menggapai Asa sebagai fasilitator. LKS Menggapai Asa bahkan akan mendampingi mantan warga binaan dalam membelanjakan bahan-bahan yang diperlukan.  

Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang, Ibrahim mengatakan, bekas warga binaan yang mendapatkan bantuan adalah orang-orang yang beruntung karena mendapat perhatian negara.

“Meskipun nilai bantuannya tidak begitu besar, paling tidak mereka bisa mengubah sikap dan prilakunya menjadi lebih baik,” kat Ibrahim.

Pemberian bantuan modal usaha kepada 20 mantan warga binaan pemasyarakatan Singkawang dapat menjadi proyek percontohan untuk daerahh lainnya. “Dengan begitu bantuan dari pemerintah dapat kita tingkatkan lagi, karena ada hasilnya,” ujar Ibrahim. (rud)