Tim Gabungan Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Singkawang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 3163

Tim Gabungan Tertibkan Alat Peraga Kampanye
Singkawang, SP - Tim gabungan terdiri dari Bawaslu Kota Singkawang, Panitia Pengawas Kecamatan, Petugas Pengawas Lapangan (PPL) dan Satpol PP menertibkan spanduk dan baliho calon legislatif (caleg) yang dianggap menyalahi aturan, Kamis (11/10).

“Yang kami tertibkan adalah spanduk dan baliho yang sudah terpasang sebelum penetapan sebagai caleg. Kemudiian desainnya juga tidak sesuai dengan peraturan KPU tentang kampanye, karena dalam APK paling sedikit memuat visi, misi dan program pasangan calon,” kata Ketua Bawaslu Singkawang sekaligus Divisi Hukum Penindakan Pelangaran, Zulita, Jumat (12/10).

Disamping itu, tim gabungan juga menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di pohon, tiang listrik, dan jalan protokol. “Karena dalam pemasangan alat peraga ada lokasi yang boleh dipasang dan ada lokasi yang tidak boleh dipasang,” kata Zulita.

Zulita berharap, peserta pemilu 2019 memahami ketentuan yang dibuat KPU selama masa tahapan kampanye, khususnya pada pemasangan APK dan bahan kampanye (BK).

“Silakan dipasang tapi ada batasannya. Agar etika dan estetika tatanan kota tetap terjaga dan yang dilarang itu jangan dilanggar.”

Menurutnya, penertiban di Kecamatan Singkawang Barat kemarin, akan berlanjut ke kecamatan lainnya di Kota Singkawang. “Nanti berikutnya akan dilakukan penertiban di Kecamatan Singkawang Tengah, Singkawang Utara dan Timur," jelasnya.

Zulita menambahkan, ada beberapa titik baliho yang terpasang di bilboard dan desainnya tidak sesuai aturan namun belum diturunkan. Karena menurut pihak Satpol PP, Bawaslu harus berkoordinasi dulu dengan Badan Keuangan Daerah.

"Karena baliho tersebut dipasang di bilboard dan kena retribusi pajak," katanya.

Walaupun Bawaslu tahu jika secara desain itu tidak sesuai, tapi pihaknya akan menghormati dan akan melakukan koordinasi terkait baliho-baliho yang saat ini sudah terpasang dengan BKD dan sekaligus berkoordinasi untuk kedepan akan ada pemasangan baliho terkait kampanye.

Dalam kesempatan yang sama, Divisi Keuangan Umum dan Logistik KPU Kota Singkawang, Khairul Abror mengatakan, mulai dari pemeliharaan, pemasangan dan pembersihan APK semua menjadi tanggungjawab peserta pemilu. (rud)