Kelurga Faktor Kunci Program Indonesia Sehat

Singkawang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 209

Kelurga Faktor Kunci Program Indonesia Sehat
Singkawang, SP - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Untung Suseno Sutarjo melakukan kunjungan kerja ke Kota Singkawang, Sabtu (13/10).

Kunjungan Untung Suseno untuk merealisasikan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. “Kedatangan kami ke Singkawang untuk melakukan pengamatan tentang pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga,” kata Untung.

Program ini ditujukan kepada Puskemas dengan tujuan mengintegrasikan semua program kesehatan agar lebih mudah diakses masyarakat. “Yang diintegrasikan itu bukan hanya programnya tapi juga SDM, pembiayaan, dan lain-lain,” kata Untung.

Program ini kata Untung menyasar keluarga sebagai pelaku utama kesehatan. Petugas kesehatan akan mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk melihat bagaimana keadaan keluarga.

“Dalam peninjauan petugas akan melihat apa saja yang menjadi masalah kesehatan keluarga. Jadi tidak perlu lagi menunggu hasil pemeriksaan keluarga di Puskesmas,” ujar Untung.

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan berharap pemerintah pusat memperhatikan derajat kesehatan masyarakat di Kota Singkawang. “Begitu juga dengan masyarakat kita yang tinggal di perbatasan yang mungkin selama ini jauh dari perhatian pemerintah,” kata Irwan.   

Hasil monitoring Kementerian Kesehatan ditindaklanjuti melalui kegiatan yang manfaatnya dapat dirasaka langsung oleh masyarakat. “Pemkot Singkawang berkomitmen bersama-sama stakeholder dan seluruh perangkat dinas agar dapat mewujudkan ini secara bertahap,” ujar Irwan. (rud)