Pemkot Singkawang Evaluasi Bansos Pangan Rastra

Singkawang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 129

Pemkot Singkawang Evaluasi Bansos Pangan Rastra
Singkawang, SP - Pemerintah Kota Singkawang melakukan evaluasi pelaksanaan program bantuan sosial pangan beras sejahtera (Rastra) di Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (31/10).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Bujang Syukrie mengatakan, program beras sejahtera adalah strategi pemenuhan kebutuhan dasar dalam bentuk pangan yang dilakukan secara nasional bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Melalui program ini pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat untuk mendapatkan hak atas pangan,” kata Bujang Syukrie.

Tahun ini, kata Bujang Syukrie, merupakan awal peralihan pola subsidi. Tahun lalu, keluarga penerima mendapat jatah beras 15 kilogram dengan hanya membayar Rp 1.600 per kilogram.

“Sekarang menjadi pola bantuan sosial, yaitu bantuan sosial pangan beras sejahtera yang disalurkan kepada keluarga penerima sebanyak 10 kilogram per bulan dan tidak ada biaya tebus yang harus dibayarkan,” kata Bujang Syukrie.

Perubahan pola ini dinilai sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam menunjang program bantuan beras sejahtera. “Kita semua berharap dan berupaya agar pelayanan program Rastra di Kota Singkawang berjalan baik,” jelasnya. 

Berdasarkan data Kementerian Sosial RI, jumlah keluarga penerima bantuan tahun 2018 di Kota Singkawang sebanyak 7.061 keluarga. Beras yang dibagikan adalah beras standar medium Bulog.

Beras akan distribusikan ke titik distribusi atau kelurahan. Dari titik distribusi beras akan dibagikan ke tim kelurahan atau ketua RT masing-masing.


“Pada bulan Januari sampai Oktober, diberikan dalam bentuk beras sebanyak 10 kilogram per keluarga penerima. Sedangkan November sampai seterusnya, akan diberikan dalam bentuk voucher belanja kebutuhan pangan sebesar Rp 110 ribu per keluarga.”

Voucer tersebut dikeluarkan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) dan dapat dibelanjakan di e-Warung atau tempat penyediaan barang yang sudah ditunjuk Bank Himbara.

Perum Bulog wajib menyediakan kebutuhan barang berupa beras, telur, gula dan lain-lain untuk ditempatkan pada e-Warung atau tempat penyediaan barang yang ditunjuk Himbara.

Sampai dengan Oktober 2018, semua Rastra sudah 100 persen didistribusikan oleh Perum Bulog Sub Divre Singkawang. “Diharapkan kepada camat, lurah dan RT di Kota Singkawang bisa menginformasikannya kepada masyarakat,” pintanya. (rud)