Kamis, 30 Januari 2020


Tim Lapan Survei Lokasi Pengamatan GMC

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 104
Tim Lapan Survei Lokasi Pengamatan GMC

SURVEI - Tim Lapan melakukan survei lokasi pengamatan dan percobaan live streaming Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Kota Singkawang, kemarin. IST

SINGKAWANG, SP - Tim Lapan Nasional melakukan survei lokasi pengamatan dan percobaan live streaming Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Kota Singkawang, kemarin. 

"Berdasarkan pengamatan, titik teropong untuk melihat fenomena alam pada 26 Desember 2019 nantinya, akan dipusatkan di dua titik, yaitu Masjid Raya dan Tri Dharma Bumi Raya Singkawang,” kata salah satu tim Lapan Nasional, Hadi Rasidi. 

Menurutnya, penggunaan teropong secara digital akan dipusatkan di Masjid Raya Singkawang. Sedangkan penggunaan teropong secara manual, akan dipusatkan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang. 

"Penggunaan teropong dengan cara streaming, supaya dalam satu teropong yang berada di Vihara bisa masyarakat manfaatkan untuk melihat GMC secara visual, yaitu dengan menggunakan kacamata gerhana matahari," ujarnya. 

Dipilihnya dua lokasi tersebut, supaya masyarakat yang ingin menyaksikan GMC bisa terbebas dari hambatan. 

"Dengan begitu, akan menghasilkan gambar atau view yang bagus," ucapnya. 

Dikatakan dia, bahwa GMC yang terjadi di Kota Singkawang pada fase pertama akan dimulai dari pukul 10.46 WIB. Sedangkan puncaknya, berakhir pada pukul 12.00 WIB atau sekitar dua jam lebih. 

Kepada masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung, kata dia, diharapkan untuk menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari. 

"Kita dari tim Lapan akan menyiapkan beberapa sampel kacamata agar bisa dimanfaatkan masyarakat," katanya. 

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, jika Pemkot saat ini sedang melakukan persiapan untuk menyambut GMC tersebut. 

"Kita sudah menggelar rapat bersama panitia untuk menyambut fenomena alam yang terbilang langka tersebut," katanya.

Menurutnya, Kota Singkawang menjadi salah satu lintasan GMC sehingga hal tersebut dinilai menjadi suatu berkah bagi masyarakat Singkawang. 

"Berbagai agenda akan kita persiapkan untuk menyambut fenomena alam yang dipusatkan di pusat kota, seperti Masjid Raya, Vihara Tri Dharma Bumi Raya, simpang BNI dan Bank Kalbar," ujarnya. 

Untuk itu, dia mengajak masyarakat Kota Singkawang untuk bisa bersama-sama menyaksikan fenomena alam tersebut. 

"Kita juga akan mengajak siswa-siswi jurusan IPA/Fisika sebagai edukasi pembelajaran bagi siswa" ungkapnya. (rud/lha)

Siap Mendukung

Kepala Bidang E-Goverment dan Telematika Diskominfo Singkawang, Evan Ernanda mengatakan, secara infrastruktur Diskominfo Singkawang sudah siap mendukung acara penyambutan GMC pada 26 Desember mendatang. 

"Saya rasa bukan hanya Diskominfo saja, tapi juga OPD-OPD terkait sudah siap untuk mendukung acara penyambutan fenomena alam tersebut," katanya. 

Dirinya berharap, acara GMC di Singkawang dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat bisa melihat secara langsung proses GMC tersebut. 

"Intinya kita siap," ujarnya. (rud/lha)