Senin, 17 Februari 2020


BPKP Apresiasi Pemkot Cegah Penyimpangan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 64
BPKP Apresiasi Pemkot Cegah Penyimpangan

PENGHARGAAAN - Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan menerima penghargaaan atas prestasi dalam pencapaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (12/2) lalu. Ist

Pemkot Singkawang mampu melakukan pengawasan, pencegahan dan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadi penyimpangan dalam setiap pelayanan publik. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengapresiasi prestasi dalam pencapaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3.

Penghargaan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 ini diterima Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan saat menghadiri Rapat Kerja Daerah Satgas Saber Pungli Provinsi di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (12/2) lalu.

"Penghargaan ini merupakan hasil yang diperoleh dari komitmen kepala daerah selaku penanggung jawab implementasi SPIP dan kerja bersama seluruh jajaran OPD selaku couterpart,” kata Irwan, Kamis (13/2).

Tentunya, ini merupakan komitmen kepala daerah dan kerja bersama seluruh jajaran OPD. Menurutnya, peran Inspektorat melalui Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sebagai mitra kerja OPD diharapkan menjadi ujung tombak khususnya untuk melakukan pengawasan, pencegahan dan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadi penyimpangan. "Penyimpangan seperti pungutan liar (pungli) di setiap pelayanan publik dapat dicegah. Disini peran APIP," ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat Kota Singkawang, agar melaporkan ke Satgas Saber Pungli jika ditemukan bentuk penyimpangan pungli di setiap OPD yang melaksanakan pelayanan publik. "Laporkan jika ditemukan pungli di pelayanan. Jangan merasa segan dan takut,” tegas Irwan. (rud/yun)