Bupati: Perlu Inovasi dan Kreativitas dari Pemdes

Sintang

Editor sutan Dibaca : 706

Bupati: Perlu Inovasi dan Kreativitas dari Pemdes
Ilustrasi
SINTANG, SP - Bupati Sintang, Jarot Winarno mengajak seluruh jajaran Pemdes dan Pemkab, untuk bersama-sama membangun daerah.  Pembangunan dapat dilakukan apabila ada komitmen bersama, bahwa pembangunan harus dilakukan dari desa.

“Kita sadari, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sintang, ditunjukkan dengan keberhasilan pembangunan di desa. Wilayah ini sebagai ujung tombak pemerintahan,” kata Jarot. 

Menurut Jarot, profesionalime dan integritas Kades menjadi sangat penting untuk membangun desa. Ia berharap, agar antara Pemdes, Pemcam, dan Pemkab, selalu kompak dan harmonis, agar tidak ada konflik. “Kades sebagai pemimpin harus peka dan mampu menyerap keinginan masyarakatnya," paparnya.

Ia menambahkan, untuk membangun desa diperlukan inovasi dan kreativitas pemdes. Pihaknya juga sudah menyusun kebijakan bahwa pembangunan Kabupaten Sintang harus dimulai dari pinggiran yakni desa. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Sintang, Hotler Panjaitan meminta Kades dan camat agar selalu berkoordinasi terkait pembangunan dan permasalahan yang ada di wilayah masing-masing.

"Pemcam wajib mengawasi dan membina Pemdes. Melalui berbagai forum, sehingga tercipta kebersamaan. Membangun daerah, tidak bisa parsial, namun harus bersama-sama,” kata Hotler.

Hotler menambahkan, untuk meningkatkan kemampuan Kades, dalam menggerakan segenap elemen di desa dan memberikan informasi serta regulasi terbaru mengenai pengelolaan Pemdes, maka 391 Kades dan 14 camat yang ada di Kabupaten Sintang, bisa membentuk forum kerja.

Sementara Kades Sungai Pukat, Kecamatan Kelam Permai, Mamat mengharapkan agar koordinasi bisa membimbing aparat Pemdes dalam menyusun APBDes dan cara pertanggungjawabannya. "Termasuk soal harmonisasi pembangunan, Pemkab Sintang seharusnya melakukan sinkronisasi dengan program pembangunan Pemdes," kata Mamat.  (hms/mul)