Kasat Lantas Bangun Pos Terpadu

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 456

Kasat Lantas Bangun Pos Terpadu
POS TERPADU – Polres Sintang membangun pos terpadu dalam rangka Operasi Ramadniya Kapuas (ORK), di Jalan Simpang Lima, Bundaran Tugu Adipura Sintang. Pos ini melayani semua aktivitas masyarakat jelang, pelaksanaan, dan usai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1
SINTANG, SP - Tidak berpangku tangan melihat anggotanya bekerja, Kasat Lantas Polres Sintang, AKP Anton Satriadi, turun langsung memimpin pembangunan pos terpadu Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Pos ini ada di Jalan Simpang Lima, Bundaran Tugu Adipura Sintang.   Pembangunan pos terpadu ini untuk sarana dan prasarana Operasi Ramadniya Kapuas (ORK) 2017. Pos tersebut sengaja didirikan di titik strategis, yaitu perlintasan para pengguna jalan dari berbagai arah di Kota Sintang.  

"Lokasinya sudah dipersiapkan berdasarkan berbagai  pertimbangan. Jalan Simpang Lim, Bundaran Tugu Adipura. Ini memang benar-benar jalur jalan padat dan rawan macet, serta rawan kecelakaan lalu lintas," kata AKP Anton, saat ditemui Suara Pemred, Minggu (18/6).
 

 Menurutnya, pendirian pos terpadu ini mengakomodir jalur perlintasan pemudik yang akan melewati Kota Sintang. Baik dari Pontianak-Kapuas Hulu (Putusibau) atau sebaliknya. Termasuk pemudik dan pendatang yang akan berwisata ke Bukit Kelam, pasti akan melewati jalur ini.   Kabag Ops Polres Sintang, Kompol Edy Haryanto, mengatakan nantinya pos terpadu ini akan diisi oleh personel gabungan dari berbagai instansi. Antara lain, dari TNI dan POM, Dishub (LAJR), Dinkes, dan Brimob dari Sub Den Pelopor III Pandan," kata Kompol Edy.  

Selain penyiapan pos terpadu, juga disiapkan tiga pos pengamanan dan 15 pos pelayanan. Tujuan memberikan pengamanan pada perayaan lebaran. Sasaran dari kegiatan ini adalah selain untuk kelancaran lalu lintas juga untuk menekan gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama Idul Fitri.  

Pemantaun Suara Pemred di lapangan, bangunan pos terpadu yang terletak di Jalan Simpang Lima, BundaranTugu Adipura, tampak megah dan telah selesai 100 persen.
  "Di sini juga jadi rest area. Jadi bagi pemudik yang lelah, silakan beristirahat, tempatnya enak, ada lemari pendingin minuman, air conditioner (AC), WC dan tempat mandi. Tempat Solat dan warung makanan juga dekat. Kita siapkan juga hiburan bagi masyarakat yang mau istirahat di pos terpadu ini," tuturnya.

Menyikapi apa yang sudah dilakukan oleh jajarannya dalam mempersiapkan tiga jenis pos ORK, Kapolres Sintang, AKBP Sudarmin, sangat mengapresiasi. Ia menilai, melalui penyiapan pos-pos tersebut sebagai wujud pelayanan kepolisian kepada masyarakat.  

“Saya berharap, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Kabupaten Sintang, bisa khitmad, aman, nyaman dan tenang. Untuk itu, personel yang bertuga, sudah kita berikan pemahaman. Mereka siap bertugas penuh 24 jam,” kata AKBP Sudarmin. (nak/mul)