Pemkab Usul Pelebaran Jalan Sintang-Sekadau

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 468

Pemkab Usul Pelebaran Jalan Sintang-Sekadau
TUTUPI LUBANG - Salah satu sudut ruas jalan Sintang yang merupakan jalan nasional, berlubang dan ditutupi dengan tanaman oleh warga. Beberapa waktu lalu, Pemkab Sintang telha mengusulkan peningkatan status jalan Sintang-Sekadau. Jalan nasional ini sempit,
SINTANG, SP - Ruas jalan Sintang-Sekadau, dinilai terlalu sempit. Oleh karena itu, Pemkab Sintang mengusulkan agar ruas jalan nasional tersebut dilebarkan. Selain dinilai sempit, arus lalu lintas yang kian padat juga jadi salah satu alasan pelebaran ruas jalan.  

Ruas Jalan Sintang-Sekadau, adalah akses penghubung yang sangat vital menuju ibu kota provinsi, Kota Pontianak. Tidak hanya dari Sintang, melainkan dari Melawi dan Kapuas Hulu, demikian pula sebaliknya.  

 "Arus lalu lintas kian padat. Kendaraan-kendaraan besar juga terus bertambah, sementara jalan sangat sempit, padahal ruas jalan tersebut menghubungkan empat kabupaten," tutur Kadis PU Sintang, Murjani.


 Murjani menambahkan usulan pelebaran ruas jalan nasional telah disampaikan pada forum PU. Tidak janya jalam tersebut, tetapi jalan di Kota Sintang yang berstatus jalan nasional, juga perlu dilebarkan, karena dinilai kiansempit dan sudah tak sesuai lagi dengan kebutuhan zaman.
 

"Selain Jalan Sintang-Sekadau, Jalan MT Haryon, Kota Sintang juga butuh pelebaran. Jalan itu merupakan jalan nasional," imbuhnya.  

Saat disinggung tentang perbaikan jalan provinsi dari Simpang Medang- Serawai, Murjani menegaskan Pemkab Sintang telah usulkan ke Pemprov Kalbar agar segera diperbaiki. Sementara Jalan Sintang-Sungai Kelik hingga perbatasan, Pemkab juga telah mengusulkan agar statusnya segera ditingkatkan jadi jalan nasional.
 

 "Kami telah berupaya mendorong Jalan Sintang-Sungai Kelik bisa jadi jalan nasional. Tapi sampai hari ini belum ada keputusan dan kepastian dari Pemerintah Pusat (Pempus)," pungkasnya. (nak/mul)
 

Komentar