121 Jemaah Haji Sintang Tiba dengan Selamat

Sintang

Editor Tajil Atifin Dibaca : 450

121 Jemaah Haji Sintang Tiba dengan Selamat
Sambut Kedatangan - Bupati Sintang, Jarot Winarno tampak bahagia menyambut kedatangan para jemaah haji asal Kabupaten Sintang di depan kantor Bupati Sintang, Jumat (22/9) pagi.
SINTANG, SP - Sebanyak 121 jemaah haji asal Kabupaten Sintang yang tergabung dalam kloter 13 tiba dengan selamat, jumat (22/9). Rombongan yang berangkat menggunakan bus dari Pontianak ini disambut langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di halaman Kantor Bupati Sintang sekitar pukul 06:00 WIB.

Dihadapan para jemaah haji, Jarot mengatakan bahwa kedatangan mereka bertepatan dengan peringatan tahun baru islam 1439 Hijriyah. Tentu patut disyukuri sebagai makna yang memilki korelasi.

“Haji pada prinsipnya berhijrah secara fisik dan psikis untuk napak tilas sejarah masa lalu dari nabi-nabi Allah. Sedangkan peringatan Tahun Baru Islam juga terkait dengan berhijrah menuju susasana kehidupan yang lebih baik dan beradab,” ujar Jarot.

Kedatangan rombongan yang tidak mengalami kekurangan tersebut, menurut Jarot patut menjadi hal yang perlu disyukuri. Di mana para jemaah bisa kembali bekumpul dengan keluarga masing-masing begitu tiba di bumi senentang. Jarot juga berharap agar para jamaah yang kini sudah manyandang status sebagai haji dan hajah bisa memiliki kontribusi di tengah masyarakat.


“Gelar haji ini tidak semua orang bisa menyandangnya, karena itu kita semua tentu berharap agar para haji dan hajah ini bisa memberikan sumbangsih terhadap pembangunan masyarakat ditempat masing-masing,” harapnya.


Sebagai orang yang dipandang masyarakat,  maka terlibat dan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat tentu adalah hal yang penting. Membagi ilmu agar dapat dijadikan panutan bagi masyarakat, dan itu merupakan tugas serta tanggungjawab sebagai wujud mengimplementasikan ilmu, amal dan iman sebagai seorang muslim.


“Jadilah panutan dan penggerak kegiatan keagamaan di lingkungan kita masing-masing, sehingga para bapak dan ibu yang telah melaksanakan ibadah haji dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan sosial yang religius, damai dan aman,” tuturnya.


Sementara itu, Ketua Rombongan Haji asal Kabupaten Sintang H. Anwar Ahmad dalam laporannya mengatakan, sebanyak 121 jemaah haji asal Kabupaten Sintang telah sampai dengan keadaan sehat walafiat.

“Keseluruhan jemaah haji kita waktu berangkat kemarin ada 124 orang, namun pada saat dari Pontianak  menuju ke Batam ada dua orang mengalami sakit dan satu orang mendampingi yang sakit sehingga mereka bertiga tersebut harus ditunda keberangkatan ke tanah suci, dan harus mengikuti kloter 14,” jelasnya.


Anwar juga menuturkan bahwa selama berada Mekah, kondisi cuaca terbilang sangat panas dimana mencapai 52 derajat celcius. “Ini juga membuat kami harus ekstra menjaga kondisi para jemaah haji dengan mengingatkan untuk selalu minum air putih dalm jumlah yang cukup.

Disamping itu jamaah juga diminta untuk selalu menyemprotkan wajah dengan air agar tetap segar,” pungkasnya. (nak/pul)