Gugus Tugas Tuntut Peran Semua Pihak

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 261

Gugus Tugas Tuntut Peran Semua Pihak
WORKSHOP -Nanang Abdulhanan dari Tim Pengembangan KLA Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tampak sedang memberikan materi dalam workshop penguatan peran gugus tugas dalam mendukung percepatan Kabupaten Sintang menuju Kabupaten Layak An
SINTANG, SP - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang, Kartiyus membuka workshop penguatan peran gugus tugas dalam mendukung percepatan Kabupaten Sintang menuju Kabupaten Layak Anak (KLA), di balai praja komplek kantor Bupati Sintang, Rabu (18/10) pagi.      

Kartiyus mengatakan keberadaan gugus tugas dalam mendukung percepatan Kabupaten Sintang menuju KLA ini sangatlah penting. Karena gugus tugas ini yang nantinya menyusun berbagai program kegiatan dalam mewujudkan KLA.  

“Gugus tugas KLA ini adalah lembaga koordinatif yang beranggotakan wakil dari unsur eksekutif, legisltaif, yudikatif, LSM, perguruan tinggi, organisasi non pemerintah dan orang tua anak serta anak itu sendiri,” terang Kartiyus.  

Karena melibatkan banyak pihak, maka Kartiyus berharap upaya mewujudkan Sintang sebagai KLA bisa terwujud berkat dukungan dan sinergitas dari berbagai elemen masyarakat, serta para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sintang.   “Kita ingin semua pihak terlibat dan mendukung upaya mewujudkan Sintang sebagai KLA,” imbuhnya.  

Saat ini menurut Kartiyus, anak-anak sedang menghadapi berbagai ancaman. Mulai dari human traficking, kekerasan dalam rumah tangga, narkoba, pelecehan seksual dan berbagai ancaman serius lainnya. Kondisi ini, jika tidak menjadi perhatian serius maka akan mengancam masa depan bangsa.
 

“Beberapa faktor fungsi bagi keberhasilan menuju KLA yakni adanya kebijakan, dukungan politis atau komitmen pengambil kebijakan. Mulai dari kabupaten sampai ke desa," terang Kartiyus yang juga merupakan Kepala Gugus Tugas KLA Kabupaten Sintang ini.  

Sementara itu, Program Manajer Organisasi Masyarakat Sipil, Wahana Visi Indonesia, Hendry Gabriel mengatakan workshop tersebut bertujuan memberikan pemahaman yang baik terhadap gugus tugas kabupaten layak anak.
 

Workshop ini juga merupakan salah satu komitmen dari Wahan Visi Indonesia untuk terus menjadi mitra dari Pemkab Sintang dalam mewujudkan KLA," katanya.
 

Ia pun mengatakan akan terus berkoordinasi, bekerja sama dengan segenap OPD yang ada di Kabupaten Sintang untuk bagaimana anak-anak bisa hidup lebih baik, tumbuh dan berkembang serta mendapatkan perlindungan yang lebih baik lagi kedepannya. (nak/pul)

Komentar