Distanbun Sintang Beri Bibit Hewan Ternak

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 254

Distanbun Sintang Beri Bibit Hewan Ternak
Ilustrasi
SINTANG, SP - Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Sintang memberikan bibit ternak berupa 23 ekor babi kepada kelompok peternak Desa Gemba Raya, Kecamatan Kelam Permai guna untuk meningkatkan produktivitas ternak di kalangan masyarakat di wilayah tersebut, Senin (30/10).

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan tersebut diharapkan bermanfaat serta mampu dikembangkan oleh kelompok yang mendapatkan bantuan. Selama ini pemerintah Kabupaten Sintang memang cukup gencar menyediakan bibit baik untuk kelompok di sektor perikanan maupun peternakan darat.

Kepala Bidang Peternakan Distanbun Kabupaten Sintang, Wiryono munuturkan bahwa bantuan yang diberikan berupa bibit ternak babi ini bersumber dari dana APBD dan menyasar kelompok peternak desa Gemba Raya. “Sasarannya hanya untuk satu kelompok dengan jumlah berupa 23 ekor babi yang terdiri atas 23 betina dan 3 jantan,” ujarnya.

Menurut Wiryono, bibit yang diberikan tersebut merupakan bibit lokal yang telah diseleksi kelayakannya sebagai bibit unggul dan cukup bagus untuk dikembangkan. "Bibitnya berasal dari peternak di daerah Jerora dan telah diseleksei layak bibit,” katanya.

Pihaknya berharap bibit ternak babi yang diberikan bisa dikelola secara benar, sehingga bisa menghasilkan dan berkembang biak sebagaimana yang diharapkan. Kelompk penerima bantuan agar tidak main-main dengan bantuan yang diberikan tersebut. “Setiap bantuan yang diberikan tujuannya memang demikian, jadi bukan habis begitu saja tanpa hasil,” pungkasnya. (nak/pul)