Langganan SP 2

Tak Mampu Bikin SPJ, Dua Kades di Sintang Mundur

Sintang

Editor Andrie P Putra Dibaca : 174

Tak Mampu Bikin SPJ, Dua Kades di Sintang Mundur
Ilustrasi penyaluran dana desa. Net
SINTANG, SP – Dua orang kepala desa di Kabupaten Sintang, mengundurkan diri lantaran tak kunjung menyelesaikan SPJ hingga tenggat waktu yang ditentukan. Padahal, pencairan dana desa tahap kedua sudah mulai dilaksanakan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Sintang, Hotler Panjaitan menyebutkan, sebelumnya terdapat tiga desa yang masih bermasalah dengan SPJ.

Akan tetapi, satu di antara ketiga desa tersebut sudah berhasil menyelasaikan laporan. Sementara dua lainnya tak kunjung usai hingga berujung pada pengunduran diri.

Ndak mampu dia, mampu mengelola pemerintahan desa tapi dia tidak mampu memimpin, memanajerial dalam artian belum dibuat SPJ,” katanya, Senin (13/11).

Selain itu, Hotler juga menyebutkan, kedua kades itu tidak mampu memanajerial anak buahnya. Sedangkan kades adalah penanggung jawab terakhir di tingkat desa sekaligus peyelenggara dan penanggung jawab tertinggi keuangan desa.

Hotler mengutarakan, kedua kades itu sebelumnya sudah melewati proses waktu termasuk beberapa pernyataan terkait ketidak mampuan mereka. Agar tak berdampak pada proses pencairan dana tahap selanjutnya, maka kades yang tak mampu menyelesaikan SPJ diminta untuk mengundurkan diri.

“Itu supaya lebih terhormat dan mereka juga berlapang dada,” imbuhnya.

Kedua desa yang ditinggal mundur kadesnya tersebut, sementara waktu akan diisi oleh Penjabat (Pj) Kades dari kalangan PNS yang ditunjuk oleh camat. (nak)