Desain Taman Ntuyut Sintang akan Diubah

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 258

Desain Taman Ntuyut Sintang akan Diubah
TINJAU TAMAN - Bupati Sintang, Jarot Winarno tampak duduk di antara pilar-pilar tugu taman ntuyut ditemani beberapa Kepala Dinas, saat meninjau taman yang belum rampung tersebut
SINTANG, SP - Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan Taman Ntuyut yang terletak di Jalan PKP Mujahidin, Kelurahan Tanjungpuri akan segera diselasaikan pembangunannya. Namun desain taman akan dirubah seiring perubahan tugu BI yang ada di samping kanan taman tersebut.

“Nah untuk menyesuaikan dengan desain tugu BI tersebut, maka desain taman Ntuyut juga akan kita lakukan sedikit perubahan agar selaras,” ujar Jarot kala meninjau taman tersebut, Rabu (22/11).
Jarot yang saat itu ditemani  Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), serta Anggota DPRD Kabupaten Sintang, mengatakan sudah ada beberapa ide terkait rencana perubahan dari kelanjutan pembangunan taman ntuyut.

“Kita juga menerima masukan dari para pendidik supaya taman ini bisa dijadikan tempat edukatif, di mana nanti ada patung garuda pancasila lengakap dengan lima silanya. Dan juga akan dibuat rambu lalu lintas serta ruang baca dan taman belajar,” katanya. Saat ini menurutnya, penataan taman ntuyut dalam proses perundingan, bagaimana nantinya desain ulang dari taman tersebut.

 Termasuk pertimbangan untuk tetap menyediakan space yang dimanfaatkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar taman. "Dari masyarakat juga maunya taman ini ada space kosong untuk RTH yang agak luas, sehingga bisa menjadi tempat yang enak untuk bersantai, berteduh dengan susana yang enak. Kemudian ada space untuk tempat senam, bermain, dan lainnya," terang Jarot.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Ghulam Raziq mengatakan akan terus mendukung pembangunan taman tersebut hingga selesai. Dirinya berharap sebagaimana permintaan masyarakat, agar taman tersebut tetap mengedepanakn RTH, karena masyarakat sangat mendambakan kehadiran ruang publik yang nyaman sebagai tempat bersantai.

"Mengingat masyarakat kita sangat membutuhkan RTH di tengah kota. Dan pastinya juga menjadi pusat perhatian yang nantinya dapat bermanfaat sebagai ruang publik bagi masyarakat Kabupaten Sintang," ungkap politisi PPP ini. Karena taman ntuyut merupakan taman yang digarap dengan serius oleh Pemkab Sintang, maka Raziq juga menaruh harapan agar ke depan taman ini bisa menjadi ikon Bumi Sementang, utmanya terhadap masyarakat luar yang datang.

 “Saya berharap pembangunan taman dapat direncanakan dengan baik dan tetap berwawasan lingkungan," katanya. Karena menurutnya kalau sudah begitu, siapapun nantinya yang berkunjung ke Sintang akan merasakan keindahan dan ada kesan yang dapat dibagikan ketika datang ke taman ntuyut. "Dengan begitu mereka nantinya berniat berkunjung kembali ke Sintang, dan ini menjadi kebanggan kita bersama," pungkasnya. (nak/pul)