Bruder Steph Pimpin Ujian Kyu Pengcab Lemkari Sintang

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 89

Bruder Steph Pimpin Ujian Kyu Pengcab Lemkari Sintang
FOTO BERSAMA – Bruder Stephanus Paiman OFM Cap, foto bersama para Kohai Pengcab Lemkari Sintang, usai ujian penurunan kyu, di Aula SMPN I Sintang, Minggu (26/11).
SP - Ketua Harian Pengurus Daerah Lembaga Karate-Do Indonesia (Pengda Lemkari) Kalbar, Bruder Stephanus Paiman OFM Cap, memimpin langsung ujian penurunan kyu di Sintang. Event ini digelar oleh Pengurus Cabang (Pengcab) Lemkari Sintang, di bawah bimbingan Senpai Bahder.

Kegiatan enam bulanan ini berlangsung di Aula SMPN 1 Sintang, Minggu (26/11). Pada kesempatan tersebut, Bruder Steph didampingi oleh Shihan David Rusmanto (DAN VI), Shihan Kornelis (DAN V) serta Senpai Bahder, yang dibantu oleh Senpai Josua Kayo dan Senpai Mundo, sebagai tim penguji.

“Penurunan kyu adalah proses terbaik di dunia karate. Karena hal ini menunjukkan semangat Bushido Karate. Para Kohai adalah harapan kita ke depannya,” ujar Bruder Steph.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar (PB) Lemkari, menjelaskan Pengda Lemkari Kalbar terus membangkitkan salah satu perguruan karate terbesar dan tertua di Kalbar. Hal ini disebabkan, beragai dinamika yang terjadi di Lemkari. 

"Luar biasa Ujian kali ini, walau hanya 18 Kohai, sesepuh PB Lemkari turun langsung menguji. Artinya keseriusan Pengda Lemkari hasil KLB Surabaya, tidak hanya sebatas retorika. Kita ingin mewujudkan Lemkari bangkit, Lemkari Jaya," paparnya.

Bruder Stpeh mengakui, pihaknya selalu memantau semua aktivitas dan dinamika Lemkari di Kalbar. Sebagai kepengurusan yang sah berdasarkan KLB Surabaya, maka Bruder Steph akan tegas terhadap para pembelot, yang membuat keharmonisan Lemkari terganggu.

“Saya juga mengapresiasi keaktifan Pengcab Lemkar Sintang. Hal ini menunjukkan, Pengcab Lemkari Sintang bisa merealisasikan semangat karateka yang benar dan bijak,” tutur Bruder Steph. 

Koordinator pelatih Pengcab Lemkari Sintang, Senpai Bahder, mengapresiasi atas kehadiran dan perhatian Pengda Lemkari Kalbar. Menurutnya, baru kali ini, ujian setingkat ranting dan cabang di Sintang, dihadiri langsung oleh Ketua Pengda Lemkari, yang juga Pengurus di PB Lemkari Pusat, serta Sesepuh Lemkari.

“Kami bangga, kami terharu. Ini lah yang disebut sebagai perjuangan dan pengabdian yang sesungguhnya. Kami sangat berterima kasih atas kehadirian Bruder Steph dan tim penguji,” ujar Senpai Bahder.

Penurunan kyu Pengcab Lemkari Sintang, diikuti 18 kohai, dengan rincian sabuk putih 9 orang, sabuk kuning 3 orang, sabuk hijau 5 orang, dan sabuk biru 1 orang.

“Kami semakin termotivasi dengan semangat pengurus Pengda Lemkari Kalbar. Ke depannya, para kohai yang turun sabuk, akan jadi harapan kita pada pengembangan Pengcab Lemkari Sintang,” pungkasnya. (mul/pul)