Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di Sintang

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 88

Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di Sintang
SELEKSI TERBUKA - Sekda Sintang, Yosepha Hasnah memberikan sambutan saat membuka seleksi terbuka jabatan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang
SINTANG, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang melakukan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Sintang, berlangsung dari Senin, 27 November sampai dengan 30 November 2017 di Aula BKPSDM Sintang. Ini dilakukan sebagai wujud komitmen Pemkab Sintang dalam membangun struktur SDM Aparatur Sipil Negara (ASN), yang mempunyai kompetensi dan integritas untuk melaksanakan tata kelola pemerintahan yang amanah dan efektif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sintang, Yosepha Hasnah mengajak peserta seleksi untuk turut serta melakukan upaya-upaya atau terobosan-terobosan baru, demi tersedianya SDM yang berkualitas.
"Hal ini menjadi penting, jika tanpa SDM yang berkualitas, maka berbagai kegiatan pembangunan akan sulit memenuhi sasaran yang ingin dicapai," ujar Yosepha saat membuka kegiatan seleksi tersebut, Senin (28/11).

Selain itu Yosepha juga mengingat kepada para peserta lelang jabatan, bahwa untuk menduduki jabatan struktural khususnya kepala dinas bukanlah dikarenakan faktor senioritas dalam kepangkatan atau masa kerja. Namun yang lebih penting adalah profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. "Karena ini seleksi terbuka, untuk memperoleh pejabat yang terbaik dari yang terbaik saat ini kita miliki,” imbuhnya.

Amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 disebutkan, untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi wajib dilakukan secara terbuka dan harus memenuhi standar yang dipersyaratkan, di antaranya meliputi kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan lain yang diperlukan.


"Dengan begitua dapat dimanfaatkan oleh pemegang kebijakan kepegawaian sebagai bahan pertimbangan, pembinaan dan pengembangan aparatur sipil di Kabupaten Sintang," katanya.

Pada seleksi terbuka ini ada beberapa kompetensi yang akan diujikan kepada peserta, antara lain kompetensi manajerial yang akan dilakukan oleh tim assessment, serta kompetensi teknis atau bidang yang akan dilakukan oleh panitia seleksi,  baik tertulis maupun tidak tertulis.

Kabid Data dan Pengembangan Pegawai, BKPSDM Sintang, Agustinus menjelaskan UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara khususnya pasal 108 ayat 3 menyatakan, pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS.


"Dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, kependidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," katanya.

Sasaran yang hendak dicapai dalam seleksi ini adalah untuk memperoleh pejabat yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang dipersyaratkan, seperti kompetensi manajerial yang diuji dengan psikotest, wawancara kompetensi serta kuestioner kompetensi.

Selain itu, tim penguji juga akan meminta setiap peserta menulis, persentasi, analisis kasus, leadership group discution. Tim juga akah melihat kompetensi teknis/bidang yang diuji dengan seleksi administrasi, penulisan makalah, wawancara dan rekam jejak.

“Peserta seleksi yang mendaftar sebanyak 31 orang dari 45 pejabat struktural eselon III A di lingkungan Pemkab Sintang yang memenuhi syarat, yang telah diseleksi administrasi  dan telah dinyatakan lulus oleh panitia seleksi," terangnya.

Diharapkan hasil penilaian dapat disampaikan oleh tim persona dalam waktu yang tidak terlalu lama, mengingat ada tiga jabatan Kepala Dinas Kabupaten Sintang yang lowong.
"Kiranya hasil penilaian kompentensi ini, dapat menjadi salah satu pertimbangan bupati Sintang dalam melakukan wawancara, guna memilih tiga calon yang direkomendasikan,” harapnya. (nak/pul)