32 Orang Pecandu Narkoba di Sintang Direhabilitasi

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 279

32 Orang Pecandu Narkoba di Sintang Direhabilitasi
TERSANGKA - Tersangka Reza pengedar narkoba yang berhasil ditangkap beserta barang bukti oleh BNNK Sintang, pada 17 Januari 2018, pukul 19.30 WIB, di Jalan Ade Irma Suryani, Mungguk Serantung, Sintang. (SP/Tantra)
SINTANG, SP - Kepala BNNK Sintang, Agus Akhmadin mengungkapkan, sebanyak 32 orang pecandu narkoba di Kabupaten Sintang telah direhabilitasi sepanjang tahun 2017.

"Ada 42 kasus penyalahgunaan narkoba yang telah ditangani. Sebanyak 32 orang direhab di Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Juang, RBM Teratai Khatulistiwa Pontianak, dan 22 orang wajib lapor di BNN Sintang," ujarnya, Rabu (31/1).

Dijelaskan Agus, untuk penegakan hukum, ada dua kasus yang sudah terselesaikan (P-21), di Kejaksaan, dengan dua tersangka WNI. Barang bukti sabu 1,62 gram dan ekstasi 1.87 gram.

Dia menegaskan, pengungkapan kasus tidak bisa semata-mata menjadi tolak ukur, bagaimana peredaran narkoba bisa dikatakan semakin marak atau tidak.

"Semua itu kembali tergantung kinerja penegak hukum, seperti contohnya Polres Sintang, pada 2016 ada 32 kasus, sementara 2017 45 kasus. Kalau ada peningkatan, bisa jadi penegak hukumnya lebih bagus dari tahun sebelumnya. Karena narkoba bukan seperti kasus kriminal umum," terangnya.

Diawal Januari 2018, Agus mengatakan telah menangkap seorang pengedar narkoba bernama Reza. Pelaku ditangkap pada 17 Januari 2018 pukul 19.30 WIB, di Jalan Ade Irma Suryani Mungguk Serantung Sintang.

"Hasil dari penggeledahan yang dilakukan petugas, awalnya tidak ditemukan narkotika. Namun dari interogasi awal, pelaku mengakui bahwa narkoba miliknya disimpan di rumahnya," terangnya.

Penggeledahan oleh personil BNNK Sintang dibantu personil Bhabinkamtibmas Polsek Sintang Kota tersebut, akhirnya ditemukan narkotika jenis sabu.

"Selain itu, ditemukan alat hisap sabu, timbangan digital, dan kantong plastik clip kecil. Barang bukti tersebut diakui Reza merupakan miliknya," pungkasnya. (tra/pul)