BPN Sintang Garap 15.200 Sertifikat Program PTSL

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 272

BPN Sintang Garap 15.200 Sertifikat Program PTSL
Kepala BPN Sintang, Junaedi (SP/Tantra)
SINTANG, SP - Kepala BPN Sintang, Junaedi mengatakan, tahun 2018 Kabupaten Sintang cukup banyak mendapatkan Pensertifikatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang mana akan mendapat jatah 15.200 bidang tanah untuk disertifkatkan melalui program tersebut.

"Jadi selain program PTSL, di 2018 ada program bagi UKM dan sertifikat cetak sawah. Kami akan mensertifikatkan lahan yang di atasnya berdiri UKM," jelas Junaedi, Selasa (6/2).

Dipaparkan Junaedi, di tahun 2017 Badan Pertanahan Nasional Sintang telah mensertifikatkan sebanyak 14.500 bidang tanah melalui program PTSL tersebut. Program PTSL tahun ini difokuskan pada empat kecamatan, yaitu Kecamatan Sintang, Sepauk, Ketungau Hilir dan Ketungau Hulu.

"Untuk di Kecamatan Sintang, program PTSL difokuskan di Desa Sungai Ana sebanyak 1.000 bidang tanah dan Desa Baning Kota sebanyak 500 bidang tanah. Penyerahan sertifikat tanah program ini sudah dilakukan secara massal oleh Presiden RI Joko Widodo pada 28 Desember lalu di Pontianak," kata Junaedi.

Kabupaten Sintang dikatakan Junaedi, mengirim 15 orang perwakilan untuk menghadiri penyerahan sertifikat oleh presiden. Menurutnya program PTSL itu menyisir desa yang jauh dari kecamatan dan difokuskan pada desa yang belum pernah didatangi oleh petugas BPN. 

"Masyarakat yang belum tersentuh, belum pernah mengajukan hak sertifikat tanah dan dicari desa-desa yang belum tersentuh BPN," kata dia.

Ia juga menjelaskan, difokuskannya pada desa yang belum tersentuh BPN, untuk menghindari tumpang tindih sertifikat tanah. "jadi biar tak tumpang tindih, agar semua dapat berjalan sesuai harapan," pungkasnya. (tra/pul)

Komentar