Percantik Wajah Kota Sintang, Pemkab Terus Benahi Taman Entuyut

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 77

Percantik Wajah Kota Sintang, Pemkab Terus Benahi Taman Entuyut
TAMAN ENTUYUT - Beginila kondisi Taman Entuyut, pembangunan taman tersebut terus dilakukan. Untuk tahun 2018, Pemkab Sintang menganggarkan dana Rp180 juta untuk penataan lantai. (SP/Tantra)
Jika Kota Pontianak mempunyai Taman Digulis, maka Kota Sintang dalam waktu dekat memiliki Taman Entuyut sebagai salah satu ruang publik. Pembangunan Taman Entuyut yang tepat di Jantung Kota Sintang ini, masih terus dikerjakan oleh Pemkab Sintang.

SP - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang, Zulkarnain mengatakan, tahun ini, Pemkab Sintang menganggarkan dana Rp180 juta untuk penataan lantai Taman Entuyut yang berada di Jalan PKP Mujahidin tersebut.

"Untuk menyelesaikan pembangunan Taman Entuyut ini, dibutuhkan dana Rp420 juta. Tapi karena keterbatasan dana yang dimiliki Pemkab Sintang, maka di anggaran murni APBD Sintang, hanya Rp180 juta. Sisa kekurangannya akan menggunakan dana ABT," kata Zulkarnain, kemarin.

Selain penataan lantai, Pemkab juga akan menata warna dinding taman dan membuat asesoris serta penataan lampu taman.

“Kami akan menggunakan cat taman. Sebenarnya ada pemikiran untuk menggunakan keramik khusus pada bagian dinding taman. Tapi membutuhkan dana yang besar,” katanya.

Untuk asesoris taman, di dinding taman akan ditulis berbagai macam tulisan seperti sila-sila dalam Pancasila, supaya anak-anak yang datang mendapat edukasi. Di tahun 2017 lalu, pembangunan Taman Entuyut dianggarkan sebesar Rp1 miliar. 

“Kita inginkan hasilnya bagus. Siapapun yang berada di situ, diharapkan merasakan indahnya suasana taman,” ucapnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, Sintang tidak boleh kalah dengan Kota Pontianak. Bila perlu Taman Entuyut lebih baik dari Taman Digulis, Pontianak.

"Selain Taman Entuyut, Tugu BI yang persis di depan Taman Entuyut juga akan ditata. Penataan Tugu BI ini, Pemkab Sintang akan bekerja sama dengan pihak perbankan terkait," kata Jarot.

Sementara itu, salah satu warga Sintang, Ardi Munandar (35) sangat mendukung pembangunan Taman Entuyut dan penataan Tugu BI ini.

"Yang jelas Sintang harus terus ditata, apalagi sebagai calon ibu kota Provinsi Kapuas Raya," kata Ardi dihubungi melalui telepon.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat Sintang, untuk terus mendukung program pembangunan pemerintah untuk kemajuan Kabupaten Sintang. 

"Jika taman Entuyut dan Tugu Entuyut itu sudah terbangun, sudah pasti menjadi kebanggan bersama," pungkasnya. (tantra/pul)