Pemkab Sintang Dukung Peningkatan Kawasan Perbatasan

Sintang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 179

Pemkab Sintang Dukung Peningkatan Kawasan Perbatasan
RAKOR – Bupati Sintang, Jarot Winarno saat Rapat Koordinasi Perencanaan Kawasan Permukiman Perbatasan Lokasi Ketungau Hulu. Pemkab Sintang komitmen untuk mendukung pemerintah dalam pengembangkan kawasan perbatasan. (Humas)
SINTANG, SP - Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI bersama Pemkab Sintang menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan Kawasan Permukiman Perbatasan Lokasi Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, kemarin. 

“Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung program nasional pemerintah pusat dalam meningkatkan pembangunan di kawasan perbatasan,” kata Bupati Sintang Jarot Winarno, saat menghadiri rapat tersebut. 

Dia mengatakan, untuk beberapa kawasan di Kabupaten Sintang, sudah memiliki RTRW. Bahkan di beberapa kawasan sudah dibuat rencana detail tata ruangnya. “Kita sedang memulai membuat perencanaan strategis lingkungan hidup dan kehutanan Serawai Ambalau. Kawasan ini juga sudah mengakomodir pusat kawasan strategis nasional,” katanya. 

Bupati Sintang, Jarot mengatakan, saat ini PLBN Sungai Kelik Kabupaten Sintang termasuk satu dari delapan PLBN baru yang mulai dibangun sejak 2018.  “Jadi kita di daerah perbatasan ini belum punya apa-apa,” katanya. 

Masih kata Jarot, di perbatasan, banyak sekali kawasan yang masuk dalam kawasan hutan lindung dan hutan produksi. Selama ini, kata Jarot, dalam membangun jalan, jembatan dan perumahan di perbatasan masih kira-kira saja karena belum mempunyai rencana detail tata ruang kawasan perbatasan.  Jarot Winarno menegaskan, pihaknnya sangat senang dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Konsultan Perencanaan Kawasan Permukiman Perbatasan Lokasi Prioritas II Ketungau Hulu Kabupaten Sintang yang dihadiri semua pihak terkait, mulai tim Konsultan Kementerian PUPR, Lembaga Vertikal, termasuk dari Provinsi Kalimantan Barat, untuk masukan membangun wilayah perbatasan di Kabupaten Sintang. (tra/jee)